Selasa, 04 April 2017

Tumbuhan Dikotil Dan Monokotil, Ciri-Ciri Beserta Contohnya

Pernahkah kalian mengamati biji kacang? Mengapa biji kacang gampang terbelah? Atau biji jagung yang bentuknya cenderung utuh. Jika kita perhatikan, setiap tumbuhan memang mempunyai keunikan tersendiri supaya gampang dikenali. Seperti halnya insan dan hewan, ternyata tumbuhan juga mempunyai kelompok atau suku. Secara garis besar, tumbuhan dikelompokkan menurut pada bab tumbuhan contohnya bab akar, batang, bentuk tulang daun, dan jumlah kepingin bijinya. Dan yang akan kita bahas kini yaitu pengelompokan tumbuhan menurut kepingan bijinya.

Secara umum pembagian tumbuhan menurut kepingan bijinya dibagi menjadi dua yaitu tumbuhan dikotil dan monokotil. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas bantu-membantu wacana tumbuhan dikotil dan monokotil, ciri-ciri beserta contohnya

 Atau biji jagung yang bentuknya cenderung utuh Tumbuhan Dikotil dan Monokotil, Ciri-ciri beserta Contohnya

Tumbuhan Dikotil

Tumbuhan dikotil yaitu tumbuhan berbunga yang mempunyai biji berkeping dua. Kita sanggup melihat dari bijinya. Apabila kita belah bijinya akan terdapat dua keping. Tumbuhan yang masuk ke dalam kelompok dikotil ini mempunyai sepasang daun lembaga. Daun forum tersebut terbentuk sudah semenjak tahapan biji dengan demikian sebagian besar anggotanya mempunyai biji yang gampang sekali terbelah menjadi dua bagian. Hal inilah yang menjadi pembeda utama antara tumbuhan dikotil dengan monokotil yang justru kepingan bijinya tunggal.

Ciri-ciri Tumbuhan Dikotil

1. Jumlah kotiledon (daun lembaga) nya dua.
2. Akarnya berupa akar tunggang dengan akar utama yang lebih besar dari akar sekunder.
3. Bentuk tulang daunnya cenderung menjari atau menyirip.
4. Bagian tudung akarnya atau kaliptrogen tidak dilengkapi dengan tudung akar.
5. Pada organ akarnya terdapat kambium alasannya yaitu salah satu fungsi akar pada tumbuhan dikotil yaitu untuk menyimpan makanan.
6. Bunga umumnya berjumlah 2, 4 dan 5 atau kelipatannya.
7. Berkas pengangkut pada batang pembuluh kayu dan pembuluh tapis letaknya teratur.
8. Batang berkambium dan bercabang-cabang, mempunyai banyak dahan dan ranting.

Contoh Tumbuhan Dikotil

Seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa tumbuhan sanggup dikelompokkan menurut kelompok/suku tumbuhan termasuk tumbuhan dikotil yang dikelompokkan menjadi beberapa jenis yaitu:
1. Suku jarak-jarakan (Euphorbiaceae)
Contohnya yaitu jarak, kapas, ubi dan lain-lain.
2. Suku jambu-jambuan (Myrtaceae)
Contohnya antara lain : jambu air, jambu biji, jambu monyet.
3. Suku terong-terongan (Solanaceae)
Contohnya antara : terong, tomat, kentang.
4. Suku polong-polongan (Leguminoceae)
Contohnya yaitu : kacang, pete. kedelai.
5. Suku komposite (Compositae)
Contohnya antara lain : bunga matahari, bunga dahlia, bunga krisan.
6. Suku mangga-manggaan (Mangifera)
Contohnya yaitu aneka jenis mangga.
7. Suku ara-araan (Moraceae)
Contohnya yaitu beringin, mahoni, jati.
8. Suku lerak-lerakan (Sapindaceae)
Contohnya antara lain : rambutan, kelengkeng, leci.

Tumbuhan Monokotil

Tumbuhan monokotil yaitu tumbuhan yang bab bijinya tunggal atau mono atau tidak berkeping. Bijinya berupa biji utuh tidak terbelah.

Ciri-ciri Tumbuhan Monokotil

1. Jumlah kotiledon (daun lembaga) nya satu.
2. Akarnya berupa akar serabut.
3. Umumnya bentuk tulang daunnya sejajar.
4. Batang tidak berkambium.
5. Batang tidak bercabang.
6. Bagian-bagian bunga kelipatan 3.

Contoh Tumbuhan Monokotil

Tumbuhan monokotil atau tumbuhan dengan biji berkeping satu dikelompokkan menjadi 5 suku yaitu:
1. Suku rumput-rumputan (Graminae)
Contohnya antara lain : padi, jagung, gandum.
2. Suku pinang-pinangan (Palmae)
Contohnya yaitu kelapa, sagu, pinang, salak, kurma.
3. Suku pisang-pisangan (Musaceae)
Contohnya yaitu semua jenis pisang.
4. Suku anggrek-angrekan (Orchidaceae)
Contohnya yaitu anggrek, vanili.
5. Suku jahe-jahean (Zingiberaceae)
Contohnya antara lain : jahe, kunyit, lengkuas, kencur, temu lawak.

Perbedaan Tumbuhan Dikotil dan Monokotil

Berdasarkan klarifikasi tadi bahwa tumbuhan sanggup digolongkan menurut kepingan bijinya yaitu tumbuhan dikotil dan monokotil. Tumbuhan dikotil yaitu tumbuhan berbiji atau berkeping dua sedangkan tumbuhan monokotil yaitu tumbuhan berbiji berkeping satu.

Perbedaan tumbuhan dikotil dan juga monokotil sangatlah terang terlihat dari ciri-cirinya diantaranya yaitu bentuk akar, tulang daun, tudung akar, jumlah keping biji, kandungan akar dan batang, jumlah kelopak bunga, akar dan batang.

Berikut ini yaitu perbedaan ciri-ciri pada tumbuhan dikotil dan monokotil menurut ciri fisik yang sanggup kita amati yaitu:
1. Jumlah keping biji atau kotiledon
* Dikotil : Memiliki dua buah keping biji
* Monokotil : Hanya mempunyai satu buah keping biji

2. Bentuk tulang daun
* Dikotil : Menyirip atau menjari
* Monokotil : Melengkung atau sejajar

3. Jumlah kelopak bunga
* Dikotil : Biasanya kelipatan empat atau lima
* Monokotil : Umumnya yaitu kelipatan tiga

4. Bentuk akar
* Dikotil : Memiliki sistem akar tunggang
* Monokotil : Memiliki sistem akar serabut

5. Tudung akar
* Dikotil : Tidak terdapat tudung akar
* Monokotil : Memiliki tudung akar

6. Kandungan akar dan batang
* Dikotil : Memiliki kambium
* Monokotil : Tidak mempunyai kambium

7. Pelindung akar dan batang lembaga
* Dikotil : Tidak ada pelindung koleorhiza maupun koleoptil
* Monokotil : Adanya batang forum / koleoptil dan akar forum / koleorhiza

8. Pertumbuhan akar dan batang
* Dikotil : Pohonnya sanggup tumbuh bermetamorfosis besar
* Monokotil : Umumnya tumbuhan perdu dan tidak sanggup tumbuh membesar namun ada beberapa tumbuhan monokotil yang pohonnya menjulang tinggi.

Demikianlah pembahasan wacana Tumbuhan Dikotil dan Monokotil, Ciri-ciri beserta Contohnya. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita.

Senin, 03 April 2017

Soal Uts Bahasa Inggris Kelas 3 Semester 1 Terbaru Tahun Aliran 2018/2019

Berikut ini ialah teladan soal UTS Bahasa Inggris kelas 3 semester 1 terbaru tahun aliran 2018/2019. Soal sudah dilengkapi dengan kunci jawaban. Semoga soal UTS Bahasa Inggris kelas 3 semester 1 ini sanggup dijadikan rujukan untuk berguru khususnya adik-adik kelas 3 guna persiapan diri menghadapi Ulangan Tengah Semester 1.

Soal UTS Bahasa Inggris Kelas 3 Semester 1


Berikut ini ialah teladan soal UTS Bahasa Inggris kelas  Soal UTS Bahasa Inggris Kelas 3 Semester 1 Terbaru Tahun Ajaran 2018/2019
I. Read the text carefully, then answer the questions!

Good morning, friends !
My name is Rangga. I am a student. I want to tell about my new watch.
I buy it with my father. We buy it in Wijaya Shop. It is so expensive because it is made in Swiss. I wear it on my wrist. Now, it is seven o,clock. It is time for studying

1. Who is Rangga?
Answer : He is a ..............
2. What does Rangga tell about?
Answer : He tells about his ...................
3. Where does Rangga buy new watch?
Answer : He buys it in ....................
4. Why is the watch so expensive?
Answer : Because .....................
5. Where does Rangga wear the watch ?
Answer : He wears it on his ......................

II. Choose the correct answer by crossing (x) a, b, c, or d !

1. We have two ....
a. hands
b. nose
c. mouth

Text for number 2 to 4
We have one nose.
Nose is for smelling.
We can smell the flowers with our nose.
We should take good care of our nose.

2. We have .... nose.
a. one
b. two
c. three

3. We use our nose for ....
a. tasting
b. speaking
c. smelling

4. We can .... the flowers with our nose.
a. hear
b. smell
c. taste

5. We have .... for hearing.
a. eye
b. ear
c. lips

6. We can taste food using our ....
a. tongue
b. teeth
c. lip

7. We chew the food using our ....
a. tongue
b. nose
c. teeth

8.
Berikut ini ialah teladan soal UTS Bahasa Inggris kelas  Soal UTS Bahasa Inggris Kelas 3 Semester 1 Terbaru Tahun Ajaran 2018/2019
 Look, Anita’s .... is long and black.
a. hair
b. hand
c. head

9. My brother wears a cap on his ....
a. neck
b. head
c. hand

10.
Berikut ini ialah teladan soal UTS Bahasa Inggris kelas  Soal UTS Bahasa Inggris Kelas 3 Semester 1 Terbaru Tahun Ajaran 2018/2019
 Your .... is chubby.
a. nose
b. mouth
c. cheek

11. A: "What is a tongue for?"
B: "A tongue is for....
a. seeing
b. hearing
c. tasting

12. We see something with our ....
a. hand
b. teeth
c. eyes

13. We have .... ears
a. one
b. two
c. three

14. We have two feet. Feet are for ....
a. seeing
b. smelling
c. walking

15. It can swim in the water. It is a ....
a. dholphin
b. bird
c. monkey

16. A .... likes to eat carrot
a. pigeon
b. parrot
c. rabbit

17. A .... has a long neck.
a. giraffe
b. elephant
c. horse

18. A .... likes to eat grass.
a. cow
b. chicken
c. cat

19. A .... produces milk.
a. cat
b. cow
c. deer

20. A .... lays eggs.
a. hen
b. rabbit
c. buffalo

21. A .... can fly.
a. frog
b. bird
c. horse

22. Duck swims in the ....
a. water
b. sand
c. stone

23. A cat likes to eat ....
a. grass
b. salted fish
c. grains

24. A .... likes to eat meat.
a. tiger
b. fish
c. goat

25. An elephant has wide ....
a. ear
b. nose
c. mouth

Text for number 26 to 28
Do you know a rattle snake? It is a wild animal. It has a long body.
It is poisonous. It can run fasf. We can find it in the dessert

26. The text is about a ....
a. wolf
b. tiger
c. snake

27. Rattle snake can .... fast.
a. run
b. eat
c. fly

28. We can find a rattle snake in the ....
a. market
b. dessert
c. zoo

29. A hen has two ....
a. feet
b. beaks
c. tails

30. A .... can run fast.
a. horse
b. buffalo
c. dog

III. Translate the sentences into English !

1. Kita memiliki dua kaki
Answer : ...............................................................................

2. Mulut untuk berbicara
Answer : ...............................................................................

3. Singa makan daging
Answer : ...............................................................................

4. Monyet suka pisang
Answer : ...............................................................................

5. Bebek sanggup berenang
Answer : ...............................................................................

IV. Arrange into good sentences !

1. holding – are – Fingers – for
Answer : ...............................................................................

2. can – A – fly – pigeon
Answer : ...............................................................................

3. a – is – That – crocodile
Answer : ...............................................................................

4. is – Comodo – a – animal – wild
Answer : ...............................................................................

5. horse – A – grass - eats
Answer : ...............................................................................

Jika ingin mendownload soal, berikut ini linknya ⇩

Soal UTS Bahasa Inggris Kelas 3 Semester 1 Terbaru Tahun Ajaran 2018/2019

Kunci Jawaban Room I

1. student
2. new watch
3. Wijaya Shop
4. because it is made in Swiss
5. wrist

Kunci Jawaban Room II

1. a. hands
2. a. one
3. c. smelling
4. b. smell
5. b. ear
6. a. tongue
7. c. teeth
8. a. hair
9. b. head
10. c. cheek
11. c. tasting
12. c. eyes
13. b. two
14. c. walking
15. a. dholphin
16. c. rabbit
17. a. giraffe
18. a. cow
19. b. cow
20. a. hen
21. b. bird
22. a. water
23. b. salted fish
24. a. tiger
25. a. ear
26. c. snake
27. a. run
28. b. dessert
29. a. feet
30. a. horse

Kunci Jawaban Room III

1. We have two legs
2. Mouth for speaking
3. A Lion eats meat
4. A Monkey likes banana
5. A duck can swim

Kunci Jawaban Room IV

1. Fingers are for holding
2. A pigeon can fly
3. That is a crocodile
4. Comodo is a wild animal
5. A horse eats grass
Note : Soal UTS Bahasa Inggris Kelas 3 Semester 1 Tahun Ajaran 2018/2019 ialah konten yang disusun oleh dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang mengcopy paste dan mempublish ulang konten dalam bentuk apapun ! Terima kasih
Itulah Soal UTS Bahasa Inggris Kelas 3 Semester 1 Tahun Ajaran 2018/2019 plus Kunci Jawaban yang sanggup aku bagikan. Semoga bermanfaat.

Akar Tumbuhan, Fungsi, Struktur, Dan Jenis-Jenis Akar

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas perihal akar tumbuhan, fungsi akar, struktur akar, dan jenis-jenis akar lengkap dengan gambarnya.

Akar Tumbuhan

Akar merupakan salah satu bab flora yang harus ada. Tanpa akar bagaimana mungkin flora sanggup hidup. Seperti yang kita ketahui, flora jenis apapun baik itu tumbuh sendiri secara liar maupun yang sengaja ditanam oleh insan niscaya mempunyai akar. Demikian juga flora yang menempel pada flora lain pun tolong-menolong juga mempunyai akar. Dari sini sudah sangat terang bila akar merupakan bab flora yang sangat pokok. Akar juga sebagai pembeda tumbuhan dikotil dan monokotil.

Berbicara mengenai akar tumbuhan, secara umum pengertian akar yaitu bab pangkal flora pada batang yang berada dalam tanah dan tumbuh menuju sentra bumi. Namun ada juga akar flora yang tidak tumbuh dalam tanah melainkan menempel pada flora lain.

Fungsi Akar

Akar pada flora mempunyai fungsi utama. Adapun fungsi akar pada flora secara umum yaitu sebagai berikut :
1. Sebagai penyokong batang flora dan untuk memperkuat serta memperkokoh berdirinya tumbuhan.
2. Menyerap garam mineral dan air melalui bulu-bulu akar.
3. Sebagai tempat penyimpanan masakan cadangan, contohnya wortel dan ketela pohon.
4. Sebagai alat pernapasan contohnya pada flora bakau.
5.  Sebagai alat perkembangbiakan vegetatif pada flora tertentu.

Struktur Akar

Struktur dan jaringan penyusun dibedakan menjadi 2 yaitu struktur bab luar dan struktur bab dalam. Untuk membedakan struktur akar pada flora sanggup dibedakan secara morfologi dan anatomi. Secara morfologis yaitu dengan memotong akar secara membujur. Maka struktur jaringan akar terdiri atas : leher akar (pangkal akar), rambut akar, ujung akar, dan tudung akar. Secara anatomi yaitu dengan memotong akar secara melintang. Maka struktur jaringan akar terdiri atas : epidermis, korteks, endodermis, stele (silinder pusat)

1. Struktur Bagian Luar Akar (Morfologi akar)


Pada kesempatan kali ini kita akan membahas perihal akar flora Akar Tumbuhan, Fungsi, Struktur, dan Jenis-jenis Akar

Untuk lebih jelasnya berikut ini struktur bab luar akar (morfologi akar) yang terdiri dari:
a. Leher akar atau pangkal akar
Leher akar merupakan bab akar yang menghubungkan antara akar dengan batang tumbuhan.

b. Batang akar
Batang akar merupakan bab akar yang terletak antara leher akar dan ujung akar.

c. Cabang-cabang akar
Cabang akar merupakan bab yang tidak eksklusif bersambungan dengan pangkal batang tetapi tumbuh dari akar utama.

d. Rambut akar 
Rambut akar atau bulu-bulu akar merupakan rambut-rambut halus yang bercabang-cabang yang tumbuh dari sel-sel kulit luar (epidermis). Rambut akar hanya tumbuh erat ujung akar dan umumnya relatif pendek, fungsinya untuk memperluas kawasan absorpsi air dan mineral.

e. Ujung akar
Ujung akar merupakan bab paling bawah dari akar flora yang dilindungi oleh tudung akar ( kaliptra).

f. Tudung akar ( kaliptra)
Tudung akar terletak di bab paling ujung dan berfungsi untuk melindungi akar terhadap kerusakan mekanis pada waktu menembus tanah.

2. Struktur Bagian Dalam Akar (Anatomi akar)


Pada kesempatan kali ini kita akan membahas perihal akar flora Akar Tumbuhan, Fungsi, Struktur, dan Jenis-jenis Akar

Untuk lebih jelasnya berikut ini struktur bab dalam akar (anatomi akar) yang terdiri dari:
a. Epidermis
Epidermis merupakan bab terluar dari akar. Susunan sel-sel epidermis rapat dan setebal satu lapis sel, dinding selnya gampang dilewati air. Sebagian sel epidermis membentuk rambut akar dengan pemanjangan ke arah lateral dari dinding luarnya. Rambut akar merupakan modifikasi dari sel epidermis akar yang bertugas menyerap air dan garam mineral. Pertumbuhan rambut akar memperluas permukaan akar sehingga absorpsi lebih efisien.

b. Korteks
Korteks terletak di bawah epidermis. Sel-selnya tidak tersusun rapat sehingga banyak mempunyai ruang antarsel yang berperan dalam pertukaran gas. Jaringan-jaringan pada korteks antara lain parenkim, kolenkim, dan sklerenkim. jaringan parenkim berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan makanan.

c. Endodermis
Endodermis merupakan jaringan antara korteks dengan silinder sentra atau stela. Sebagian besar sel endodermis mempunyai bab ibarat pita yang mengandung gabus (zat suberin) atau zat lignin. Bagian ini disebut pita kaspari. Pita kaspari ini tidak tembus air dan zat-zat terlarut lainnya. Air dan zat-zat terlarut yang melewati endodermis harus melewati protoplasma yang menempel pada pita kaspari. Kaprikornus jaringan endodermis ini berfungsi sebagai pengatur jalannya larutan yang diserap dari tanah masuk ke silinder pusat.

d. Silinder pusat/stele
Silinder pusat/ stele merupakan bab terdalam dari struktur anatomi akar. Susunan silinder sentra dari dalam keluar mencakup stele, xilem, kambium, floem dan perisikel. Silinder sentra atau stele
berfungsi sebagai alat angkut air dan mineral dari akar yang kemudian dilanjutkan oleh berkas pengangkut xilem.

Didalam stele, terdapat berkas pengangkut, yaitu xilem dan floem. Xilem berfungsi mengangkut air dan mineral dari akar ke daun. Sedangkan floem berfungsi mengangkut/mengedarkan hasil fotosintesis keseluruh bab tumbuhan. Xilem dan floem letaknya berselang-seling dengan dibatasi oleh kambium.

Pada akar flora dikotil, kambium terdapat didalam berkas pengangkut diantara xilem dan floem. Kambium kearah luar membentuk floem dan kambium kearah dalam membentuk xilem. Adanya kambium mengakibatkan pertumbuhan membesar.pada akar dikotil yang masih muda. Sedangkan empulur letaknya paling dalam atau di antara berkas pembuluh angkut yang terdiri atas jaringan parenkim. Empulur hanya terdapat pada akar flora dikotil. Lapisan terluar dari stele yaitu perisikel. Fungsi perisikel yaitu untuk membentuk cabang-cabang akar.

Jenis-jenis Akar

Bentuk-bentuk akar pada flora menjadi salah satu pembeda dalam pengelompokan flora tingkat tinggi. Pada ketika biji berkecambah, bakal akar (radikula) bermetamorfosis akar lembaga. Secara umum, akar dibedakan menjadi dua jenis, yaitu akar tunggang dan akar serabut.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas perihal akar flora Akar Tumbuhan, Fungsi, Struktur, dan Jenis-jenis Akar

1. Akar tunggang

Akar tunggang umumnya dimiliki oleh flora berkeping dua (dikotil) yang diperbanyak secara generatif dengan biji. Jenis akar ini mempertahankan akar lembaganya. Akar forum bermetamorfosis akar pokok (primer) yang akan bercabang-cabang menjadi akar-akar yang lebih kecil. Akar pokok yang berasal dari akar forum ini disebut akar tunggang (radix primaria) yang mempunyai percabangan.

2. Akar serabut

Akar serabut umumnya dimiliki oleh flora berkeping satu (monokotil). Akar serabut berbentuk ibarat serabut-serabut kelapa, kecil, dan panjang. Namun perakaran flora dikotil yang diperbanyak secara vegetatif juga berupa akar serabut. Akar serabut terbentuk dari akar forum yang mati dan tumbuh akar-akar gres yang mempunyai ukuran yang relatif sama dan keluar dari pangkal batang.

Jenis Jenis Akar Berdasarkan Fungsinya

Fungsi utama akar yaitu sebagai organ penyerap air dan hara mineral. Namun, terdapat fungsi lain dari akar tumbuhan. Menurut fungsinya tersebut, akar dibedakan menjadi:

1. Akar gantung atau akar udara (radix aereus)


Pada kesempatan kali ini kita akan membahas perihal akar flora Akar Tumbuhan, Fungsi, Struktur, dan Jenis-jenis Akar

Akar gantung terdapat di atas permukaan tanah, menempel pada batang, menggantung, tumbuh menjuntai ke arah tanah. Akar ini berfungsi untuk menyerap air dan gas dari udara (bernafas). Contoh flora yang mempunyai akar gantung ini yaitu pohon beringin dan tumbuhan anggrek.

2. Akar pembelit (cirrhus radicalis)


Pada kesempatan kali ini kita akan membahas perihal akar flora Akar Tumbuhan, Fungsi, Struktur, dan Jenis-jenis Akar

Akar ini membelit batang pokok tempat melekatnya tumbuhan. Berfungsi untuk membelit penunjang dari flora merambat. Contohnya flora yang mempunyai akar pembelit yaitu panili.

3. Akar napas (pneutophora)


Pada kesempatan kali ini kita akan membahas perihal akar flora Akar Tumbuhan, Fungsi, Struktur, dan Jenis-jenis Akar

Akar nafas merupakan bab akar yang tumbuh keluar dari batang bab bawah yang sebagian menyembul keluar dan sebagian lagi tumbuh di dalam tanah. Bagian akar yang menyembul keluar merupakan tempat masuknya udara melalui celah-celah permukaan akar. Contoh flora yang mempunyai akar napas ini yaitu bakau dan pandan.

4. Akar pelekat (radix adligans)


Pada kesempatan kali ini kita akan membahas perihal akar flora Akar Tumbuhan, Fungsi, Struktur, dan Jenis-jenis Akar

Akar ini tumbuh dari ruas atau buku-buku batang serta tumbuh menempel dan memanjat pada batang . Berfungsi membantu flora memanjat untuk menempel pada penunjangnya. Contoh: sirih

5. Akar penghisap (haustorium)


Pada kesempatan kali ini kita akan membahas perihal akar flora Akar Tumbuhan, Fungsi, Struktur, dan Jenis-jenis Akar

Akar ini mempunyai fungsi sebagai penyerap air, hara mineral, dan masakan dari batang pohon yang ditumpanginya. Tumbuhan dengan akar ini hidup sebagai parasit. Contohnya ibarat pada akar benalu.

6. Akar tunjang


Pada kesempatan kali ini kita akan membahas perihal akar flora Akar Tumbuhan, Fungsi, Struktur, dan Jenis-jenis Akar

Akar tunjang tumbuh di bab bawah batang. Akar ini tumbuh ke segala arah. Gunanya untuk menunjang supaya batang tidak rebah. Contohnya pada tumbuhan bakau dan pandan.

7. Akar lutut


Pada kesempatan kali ini kita akan membahas perihal akar flora Akar Tumbuhan, Fungsi, Struktur, dan Jenis-jenis Akar

Sebagian akar ini tumbuh di atas tanah kemudian tertanam di dalam tanah, timbul karam ibarat bentuk gelombang yang berfungsi sebagai alat pernapasan . Contohnya yaitu tumbuhan bruguiera parvifolia

8. Akar banir


Pada kesempatan kali ini kita akan membahas perihal akar flora Akar Tumbuhan, Fungsi, Struktur, dan Jenis-jenis Akar

Bagian akar ini tumbuh tinggi di atas permukaan tanah, berbentuk pipih ibarat papan.
Akar banir yaitu akar yang berbentuk ibarat papan menonjol di bab pangkal pohon berukuran lebih besar dari batang pohonnya. Akar banir mempunyai fungsi untuk membantu tegak berdirinya batang tumbuhan. Kebanyakan pohon yang mempunyai akar jenis ini yaitu pohon yang tumbuh di hutan tropis. Contoh flora dengan akar ini yaitu sukun, pohon kenari dan pohon randu.

Demikianlah pembahasan perihal Akar Tumbuhan, Fungsi, Struktur, dan Jenis-jenis Akar lengkap dengan gambar. Semoga bermanfaat dan sanggup menambah wawasan kita semua.

Minggu, 02 April 2017

Cara Paling Gampang Mencari Fpb Dan Kpk

FPB dan KPK yaitu bahan yang diajarkan semenjak dingklik sekolah dasar. Kita mengenal pelajaran FPB dan KPK ini kira-kira ketika kelas 4 SD. FPB abreviasi dari Faktor Persekutuan terBesar dan KPK abreviasi dari Kelipatan Persekutuan terKecil. Benar begitu ya?

Mencari Faktor Prima dengan Pohon Faktor

Sebenarnya aku menulis artikel ini untuk catatan online sekaligus curhatan aku saja. Mengapa aku curhat di sini? Ya alasannya yaitu aku sedikit kesal mendapat aduan dari murid les aku yang dimarahi oleh gurunya di sekolah ketika mengerjakan soal-soal FPB dan KPK. Saya kurang paham dengan metode yang diajarkan oleh gurunya di sekolah yang nyatanya justru menciptakan bawah umur malah bingung. Padahal semenjak dulu sudah ada cara paling gampang mencari FPB dan KPK yaitu dengan pohon faktor yang terbukti cara ini memang paling gampang dipahami.

FPB dan KPK yaitu bahan yang diajarkan semenjak dingklik sekolah dasar Cara paling Praktis Mencari FPB dan KPK

Kalau ada cara paling gampang yang sudah diajarkan bebuyutan oleh mbah-mbah atau guru-guru pendahulu, buat apa to harus memakai cara-cara gres yang katanya gampang dan menghemat buku. Alih-alih menghemat buku, yang ada bawah umur malah merasa kesulitan dan karenanya semakin membenci Matematika. Biar saja bukunya habis untuk belajar. Lagi pula yang membelikan buku kan orang tuanya to, bukan gurunya FPB dan KPK yaitu bahan yang diajarkan semenjak dingklik sekolah dasar Cara paling Praktis Mencari FPB dan KPK

Memang ada banyak cara untuk mencari FPB dan KPK. Ada yang memakai cara manual dengan membagi-bagi bilangan dan mencari kelipatannya. Ada juga yang memakai tabel-tabel begitu. Jujur, aku sendiri kurang paham. Selama ini aku hanya memakai pohon faktor alasannya yaitu memang inilah Cara paling Praktis Mencari FPB dan KPK berdasarkan saya.

Untuk mencari FPB dan KPK diharapkan Bilangan prima dan juga faktorisasi prima. Seperti yang sudah pernah kita pelajari sebelumnya, bilangan prima merupakan bilangan yang hanya mempunyai dua faktor yaitu bilangan itu sendiri dan 1. Yang termasuk bilangan prima yaitu {2,3,5,7,11,.......}.





Sedangkan faktorisasi prima merupakan penguraian bilangan menjadi perkalian faktor-faktor prima. Untuk melaksanakan faktorisasi prima ini diharapkan pohon faktor.

Contoh:
Berapakah faktor prima dari 48 ?
Untuk mencari faktor prima dari 48, maka kita harus menciptakan pohon faktor ibarat di bawah ini.

FPB dan KPK yaitu bahan yang diajarkan semenjak dingklik sekolah dasar Cara paling Praktis Mencari FPB dan KPK

Mencari faktor prima dari 48 sanggup eksklusif dibagi dengan bilangan prima terkecil yaitu 2 ibarat gambar a. Namun kita juga sanggup membagi dengan bilangan yang bukan bilangan prima ibarat gambar b. Kaprikornus kita sanggup membagi dengan bilangan mana saja yang sekiranya gampang dan sanggup membagi 48. Yang penting kalau hasilnya bukan bilangan prima maka harus dicabangkan lagi hingga ketemu dengan bilangan-bilangan prima.

Nah, sesudah kita mendapat semua bilangan prima yaitu 2, 2, 2, 2, 3 saatnya menguraikan bilangan -bilangan prima tersebut menjadi faktorisasi prima. Apabila ada bilangan yang sama, jadikan dalam bentuk pangkat. Ada empat buah angka 2 (2, 2, 2, 2 ) dan satu angka 3.

Maka faktorisasi prima dari 48 yaitu = 24 x 3

Mencari FPB dan KPK

Setelah kita tahu cara mencari faktor prima dari suatu bilangan, sekarang saatnya kita mencari FPB dan KPK dari beberapa bilangan. Untuk mencari FPB ini kita memakai faktor komplotan sedangkan untuk mencari KPK kita memakai kelipatan persekutuan.

Faktor komplotan merupakan faktor yang sama dari dua bilangan atau lebih dan FPB yaitu nilai yang paling besar dari faktor komplotan dua bilangan atau lebih tersebut.

Kelipatan komplotan merupakan kelipatan yang sama dari dua bilangan atau lebih dan KPK yaitu nilai terkecil dari kelipatan komplotan dua bilangan atau lebih tersebut.

Contoh soal 1
Tentukan FPB dan KPK dari 21, 36, dan 48 !

Untuk mencari FPB dan KPK dari 21, 36, dan 48 ada banyak cara, tapi kita memakai cara yang paling gampang saja yaitu menciptakan pohon faktor ibarat di bawah ini.

FPB dan KPK yaitu bahan yang diajarkan semenjak dingklik sekolah dasar Cara paling Praktis Mencari FPB dan KPK

Nah, itu beliau sudah ketemu faktor-faktor prima dari 21, 36, dan 48. Setelah itu kita uraikan dulu menjadi faktorisasi prima yaitu mengalikan semua bilangan prima. Tapi ingat, dihentikan ada angka yang sama (kembar). Kalau angkanya sama harus dipangkatkan dan jadinya ibarat ini :
21 = 3 x 7
36 = 22x 32
48 = 24 x 3

Cara mencari FPB

Untuk mencari FPB, yaitu dengan cara mencari faktor prima yang sama dari ketiga bilangan, cari pangkat yang paling kecil.

Seperti pada gambar, yang aku lingkari yaitu faktor prima yang sama yaitu angka 3 saja yang terdiri dari 3, 3, 32. Yang diambil yaitu faktor prima dengan pangkat terkecil yaitu 3. Untuk faktor prima yang tidak sama disingkirkan alias tidak usah dikalikan meskipun angka 2 juga ada yang sama, tapi ada bilangan yang tidak mempunyai faktor prima 2 yaitu 21.

Dengan demikian maka FPB dari 21, 36, dan 48 yaitu 3

Cara Mencari KPK

Untuk mencari KPK, yaitu dengan cara mencari faktor prima yang sama dari ketiga bilangan, cari pangkat yang paling besar dan kalikan dengan semua bilangan.

Seperti pada gambar, yang aku lingkari yaitu faktor prima yang sama yaitu angka 3 yang terdiri dari 3, 3, 32. Yang diambil yaitu faktor prima dengan pangkat terbesar yaitu 32. Selain itu ada juga faktor prima yang sama yaitu 22 dan 2maka yang diambil yaitu faktor prima dengan pangkat terbesar yaitu 24 dan kalikan dengan bilangan prima yang lain.

Dengan demikian maka KPK dari 21, 36, dan 48 = 3x  2x 7 = 1008

Contoh soal 2
Tentukan FPB dan KPK dari 24, 54, dan 90 !

Untuk mencari FPB dan KPK dari 24, 54, dan 90 ada banyak cara, tapi kita memakai cara yang paling gampang saja yaitu menciptakan pohon faktor ibarat di bawah ini.

FPB dan KPK yaitu bahan yang diajarkan semenjak dingklik sekolah dasar Cara paling Praktis Mencari FPB dan KPK

FPB dari 24, 54, dan 90 = 2 x 3 = 6
KPK dari 24, 54, dan 90 = 23 x 33x 5 = 1080

Baca Juga :
150 Soal Matematika Bab FPB dan KPK plus Kunci Jawaban

Itulah Cara paling Praktis Mencari FPB dan KPK berdasarkan saya. Bukan maksud aku menggurui. Artikel ini hanya sekedar sharing saja sekaligus sebagai catatan online kalau aku lupa hehe. Saya sadar betapa pengetahuan aku masih sangatlah minim sehingga mengharuskan aku untuk berguru dan terus belajar. Dibandingkan dengan guru-guru yang sudah professional, aku mah apa atuh. I am not a teacher but I have skil to teach them because I am JURAGAN LES alias -Lesan FPB dan KPK yaitu bahan yang diajarkan semenjak dingklik sekolah dasar Cara paling Praktis Mencari FPB dan KPK

Soal Uts Bahasa Inggris Kelas 1 Semester 1 Terbaru Tahun 2018/2019

Berikut ini ialah teladan soal UTS Bahasa Inggris kelas 1 semester 1 terbaru tahun anutan 2018/2019. Soal sudah dilengkapi dengan kunci jawaban. Semoga soal UTS Bahasa Inggris kelas 1 semester 1 ini sanggup dijadikan acuan untuk berguru khususnya adik-adik kelas 1 guna persiapan diri menghadapi Ulangan Tengah Semester 1.

Soal UTS Bahasa Inggris Kelas 1 Semester 1


Berikut ini ialah teladan soal UTS Bahasa Inggris kelas  Soal UTS Bahasa Inggris Kelas 1 Semester 1 Terbaru Tahun 2018/2019

I. Choose the correct answer by crossing (x) a, b, or c,!

Teks for number 1 to 3
Hello friends. My name is Zaki. I am going to the field now.
I am going to the field by bicycle. On the way, I meet Dika
I say good afternoon to him. He replies good aftenoon too.

1. Zaki wants to go to the ....
a. park
a. field
c. school

2. Zaki goes to the field by ....
a. bicycle
b. foot
c. bus

3. Zaki says to Dika ....
a. good afternoon
b. good evening
c. good morning

4. Risna : Hello Tina
Tina : .... Risna
a. Hi
b. Hello
c. Thank you

5. Nadia : How are you ?
Ayu : ....
a. good morning
b. good evening
c. I am very well thank you

6. Budi wants to go to sleep.
He says .... to his mother.
a. How are you
b. Good night
c. Good luck

7. Sinta meets Aurel on the way. She says .... to her.
a. Hello
b. Good bye
c. Thank you

8. Tomi : What do you like?
Andi : I .... gardening.
a. big
b. good
c. like

Teks for number 9 to 11
Hi friends.
Let me introduce myself. My name is Andra
I am from Medan. I am six years old
I like playing football. I play it in the field. Thank you

9. Andra comes from ....
a. Jakarta
b. Medan
c. Surabaya

10. Andra is .... years old
a. six
b. seven
с. eight

11. Andra likes playing ....
a. football
b. basketball
c. volleyball

12. Riana : Hii I .... Riana
Riska : Hii I am Riska
a. am
b. is
c. are

13. Soni : ....
Rangga : My name is Rangga
a. How are you?
b. Where do you live?
c. What is your name?

14.
Berikut ini ialah teladan soal UTS Bahasa Inggris kelas  Soal UTS Bahasa Inggris Kelas 1 Semester 1 Terbaru Tahun 2018/2019
I am Nabila
I like ....
a. dancing
b. reading
c. singing

15. Dani : ....
Ahmad : I am from Surabaya
a. How old are you?
b. Are you a student?
c. Where are you from?

16. Indah : What is your ....
Leni : My name is Leni
a. old
b. live
c. name

17. Dian : Where do you study?
Rosa : I .... in SD Mentari
a. study
b. live
c. stay

18. Fito : How do you do?
Fani : ...............
a. I am Fani
b. Hello
c. I am studying

19. Raditya : .... are you?
Bayu : I am fine thank you
a. How
b. What
c. Where

20. Dina : Good bye Wati
Wati : .... Dina
a. Good morning
b. Good luck
c. Good bye

Dialogue for number 21 and 22
Nando : Do you like reading?
Reno : Yes I do
Nando :Where do you read?
Reno : I read in my bedroom

21. Reno likes ....
a.. gardening
b swimming
c. reading

22. Reno reads in the ....
a. swimming pool
b. bedroom
c. bathroom

Text for number 23 to 25
My name is Nadira
I am a student
I go to school on foot
on the way I meet Mrs Julia
I say good morning to her
She replies good moming too

23. Nadira is a ....
a. teacher
b. gardener
c. student

24. Nadira goes to school ....
a. on foot
b. by bicycle
c. by car

25. Nadira says .... to Mrs Julia
a. Good morning
b. Good aftemoon
c. Good evening

II. Arrange into good sentences !
1. you - Nice - meet – to
Answer : .......................................................................................

2. tomorrow - See – you
Answer : .......................................................................................

3. today - How- you – are
Answer : .......................................................................................

4. years – old – is – Rosi – six
Answer : .......................................................................................

5. like – playing- doll – I
Answer : .......................................................................................


III. Translate into Indonesian !
1. I am a student
Answer : .......................................................................................

2. I am from Solo
Answer : .......................................................................................

3. How are you?
Answer : .......................................................................................

4. I like reading
Answer : .......................................................................................

5. What do you like?
Answer : .......................................................................................

IV. Complete the text with the words in the box!
Berikut ini ialah teladan soal UTS Bahasa Inggris kelas  Soal UTS Bahasa Inggris Kelas 1 Semester 1 Terbaru Tahun 2018/2019
Look at the picture !
Her .... (1) is Putri
She is seven years .... (12)
She .... (3) from Jakarta
She likes .... (4) very much
She wants to be a .... (5) someday

a. teacher  c. reading   e. name
b. old        d. comes

Jika ingin mendownload soal, berikut ini linknya ⇩

Soal UTS Bahasa Inggris Kelas 1 Semester 1 Terbaru Tahun 2018/2019

Kunci Jawaban Room I

1. a. field
2. a. bicycle
3. a. good afternoon
4. b. Hello
5. c. I am very well thank you
6. b. Good night
7. a. Hello
8. c. like
9. b. Medan
10. a. six
11. a. football
12. a. am
13. c. What is your name?
14. a.dancing
15. c. Where are you from?
16. c. name
17. a. study
18. a. I am Fani
19. a. How
20. c. Good bye
21. c. reading
22. b. bedroom
23. c. student
24. a. on foot
25. a. Good morning

Kunci Jawaban Room II

1.Nice to meet you
2. See you tomorrow
3. How are you today
4. Rosi is six years old
5. I like playing doll

Kunci Jawaban Room III

1. Saya seorang murid
2. Saya dari Solo
3. Apa kabar
4. Saya suka membaca
5. Apa yang kau suka?

Kunci Jawaban Room IV

Look at the picture !
Her name (1) is Putri
She is seven years old (12)
She comes (3) from Jakarta
She likes reading (4) very much
She wants to be a teacher (5) someday
Note : Soal UTS Bahasa Inggris Kelas 1 Semester 1 Tahun Ajaran 2018/2019 ialah konten yang disusun oleh dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang mengcopy paste dan mempublish ulang konten dalam bentuk apapun ! Terima kasih
Itulah Soal UTS Bahasa Inggris Kelas 1 Semester 1 Tahun Ajaran 2018/2019 plus Kunci Jawaban yang sanggup aku bagikan. Semoga bermanfaat.

Sabtu, 01 April 2017

Cara Gampang Mencari Jarak, Kecepatan, Dan Waktu Tempuh

Kita semua niscaya pernah melaksanakan perjalanan dengan kendaraan baik itu dengan sepeda pancal, sepeda motor, mobil, bus, dan kendaraan lainnya. Umumnya kendaraan-kendaraan bermotor tersebut sudah dilengkapi alat pengukur jarak dan kecepatan yang disebut speedometer yang berfungsi semoga pengendara sanggup mengetahui kecepatan kendaraan yang dijalankannya.

Mencari Jarak, Kecepatan, dan Waktu

Nah, kini kita akan berguru lagi bahan perihal jarak, kecepatan, dan waktu tempuh semoga kita sanggup membantu adik-adik yang kesulitan mengerjakan PR nya. Materi perihal jarak, kecepatan, dan waktu tempuh kendaraan ini mulai dikenalkan di kursi sekolah dasar kelas 5. Meskipun sudah pernah diajarkan, namun sering kali kita masih galau dan bahkan lupa bahan yang satu ini.



Dan berikut ini cara gampang mencari jarak, kecepatan, dan waktu tempuh. Untuk menghitung, mencari, atau memilih jarak, kecepatan, dan waktu tempuh kita masih memakai segitiga abnormal ibarat menghitung, mencari, atau memilih jarak peta, skala peta, dan jarak gotong royong serta memilih volume, debit, dan waktu pada pelajaran Debit Air. Perbedaannya hanya pada hurufnya saja. Namun demikian tentunya abjad pada rumus mengandung pengertian yang tidak sama.

Segitiga Ajaib


Kita semua niscaya pernah melaksanakan perjalanan dengan kendaraan baik itu dengan sepeda panca Cara Praktis Mencari Jarak, Kecepatan, dan Waktu Tempuh

Segitiga ini sanggup membantu belum dewasa untuk mencari jarak, kecepatan, dan waktu tempuh. Anak cukup menutup dengan tangan satuan apa yang ditanyakan. Sehingga anak akan tahu tanpa menghafal, bahwa :

J = Jarak
K = Kecepatan
W = Waktu
Saya sebut segitiga abnormal ini dengan nama segitiga jokowi. Cara menghafalkan rumus ini cukup dengan mengingat nama presiden RI yaitu pak Jokowi. Jo yaitu jarak, Ko yaitu kecepatan, dan Wi yaitu waktu.

Namun sebelumnya kita pahami dulu ya semoga rumusnya nanti tidak terbalik-balik. Dan berikut ini pengertian tentang:

Jarak 
Jarak yaitu angka yang mengatakan seberapa jauh suatu benda berubah posisi melalui lintasan tertentu. Umumnya jarak memakai satuan meter atau kilometer.

Kecepatan
Kecepatan yaitu besaran yang mengatakan seberapa cepat benda berpindah. Satuan dari kecepatan yaitu meter/detik atau tergantung dari pertanyaannya.

Waktu Tempuh
Waktu tempuh yaitu lamanya waktu yang dipakai untuk menempuh suatu jarak tertentu. Satuannya yaitu detik, menit, jam.

Menentukan / Mencari Jarak 

Berikut ini yaitu referensi soal mencari jarak beserta cara menghitungnya memakai segitiga ajaib.

Contoh soal
Dimas mengendarai sepeda motor selama 2 jam 30 menit dengan kecepatan rata-rata 48 km/ jam. Berapa km jarak yang ditempuh Dimas?

Jawaban
Untuk mencari jarak, maka gunakan rumus segitiga abnormal ibarat di bawah ini.

Kita semua niscaya pernah melaksanakan perjalanan dengan kendaraan baik itu dengan sepeda panca Cara Praktis Mencari Jarak, Kecepatan, dan Waktu Tempuh

Diketahui waktu = 2 jam 30 menit = 2 1/2 = 2,5 jam (waktu harus diubah menjadi jam)
Kecepatan = 48 km/jam
Ditanya jarak?

J = K x W
J = 48 km/jam x 2,5 jam
J = 120 km
Makara jarak yang ditempuh Dimas yaitu 120 km

Menentukan / Mencari  Kecepatan

Berikut ini yaitu referensi soal mencari kecepatan rata-rata kendaraan beserta cara menghitungnya memakai segitiga ajaib.

Contoh soal
Jarak antara kota A ke kota B 90 km. Jarak tersebut sanggup ditempuh sebuah kendaraan beroda empat selama 1 1/2 jam. Berapa km/jam kecepatan rata-rata kendaraan beroda empat tersebut?

Jawaban
Untuk mencari kecepatan rata-rata, maka gunakan rumus segitiga abnormal ibarat di bawah ini.

Kita semua niscaya pernah melaksanakan perjalanan dengan kendaraan baik itu dengan sepeda panca Cara Praktis Mencari Jarak, Kecepatan, dan Waktu Tempuh

Diketahui jarak = 90 km
Waktu = 1 1/2 jam (1,5 jam)
Ditanyakan kecepatan?

K = J : W
K = 90 km : 1 1/2 (3/2) jam = 90 x 2/3 (pembagian pecahan harus dibalik) atau
K = 90 km : 1,5 jam
K = 60 km/jam
Makara kecepatan rata-rata = 60 km/jam

Menentukan / Mencari Waktu Tempuh

Berikut ini yaitu referensi soal mencari waktu tempuh beserta cara menghitungnya memakai segitiga ajaib.

Contoh soal
Jarak rumah Fani ke rumah Firda 100 km. Jarak tersebut ditempuh oleh Fani dengan sepeda motor berkecepatan rata-rata 40 km/jam. Berapa jam waktu yang diperlukan Fani semoga hingga di rumah Firda?

Jawaban
Untuk mencari waktu tempuh, maka gunakan rumus segitiga abnormal ibarat di bawah ini.

Kita semua niscaya pernah melaksanakan perjalanan dengan kendaraan baik itu dengan sepeda panca Cara Praktis Mencari Jarak, Kecepatan, dan Waktu Tempuh

Diketahui jarak = 100 km
Kecepatan = 40 km/jam
Ditanyakan waktu ?

W = J : K
W = 100 km : 40 km/jam
W = 2,5 jam
Makara waktu yang diperlukan Fani yaitu 2,5 jam.

Oh ya, aku mau curhat nih. Kapan hari itu kan ada beberapa murid les aku yang kelas 5. Mereka kebingungan saat mengerjakan PR Matematika kepingan pengukuran yaitu menghitung atau mencari jarak, kecepatan, dan waktu tempuh. Lalu aku tanya, "Di sekolah memakai rumus segitiga abnormal tidak"? Mereka pun kompak menjawab, "Tidaaak !". Nah, nah, naaah... Setelah itu mereka aku sarankan memakai rumus segitiga ajaib. Dan balasannya mereka pun sanggup mengerjakan PR dengan mudah. Alhamdulillah :)

Nah, link berikut ini akan mengajak adik-adik untuk berlatih mengerjakan Soal Jarak, Kecepatan, dan Waktu Tempuh. Bagaimana dan apapun soalnya, Rumusnya " Segitiga Pak Jokowi"

Baca juga ⇩

Rumus Berpapasan dan Menyusul plus Contoh Soal dan Pembahasan

Itulah Cara Praktis Mencari Jarak, Kecepatan, dan Waktu Tempuh yang sanggup aku bagikan. Semoga bermanfaat.

Soal Uts/ Pts K13 Tema 2 Kelas 3 Semester 1 Kd : Matematika

Berikut ini ialah pola soal UTS/PTS Kurikulum 2013 Tema 2 Kelas 3 Semester 1 muatan pelajaran Matematika. Soal sudah dilengkapi dengan kunci jawaban. Semoga soal UTS/PTS K13 Tema 2 ini sanggup dijadikan rujukan untuk berguru khususnya adik-adik kelas 3 guna persiapan diri menghadapi Penilaian Tengah Semester (UTS/PTS) 1

Sebagaimana kita ketahui, Kurikulum 2013 mengacu pada pembelajaran tematik di mana dalam satu tema terdiri dari beberapa subtema yang memuat beberapa mata pelajaran/ kompetensi dasar. Oleh karenanya, Soal UTS/PTS Tema 2 ini sengaja saya buat sedemikian rupa yaitu dengan menampilkan per kompetensi dasar. Tujuan saya menciptakan soal UTS/PTS menyerupai ini ialah untuk menjawab keluhan para orang tua/ wali murid yang mengaku gundah dengan kurikulum 2013.

Dengan adanya soal UTS/PTS Tema 2 per mata pelajaran ini, biar berguru tematik menjadi lebih mudah. Saya juga berharap biar soal ini sanggup dijadikan sebagai rujukan berguru untuk memperkaya wawasan penerima didik sekaligus sebagai materi untuk menciptakan soal Penilaian Tengah Semester 1.

Soal UTS/ Perguruan Tinggi Swasta Tema 2 Kelas 3 

 Soal sudah dilengkapi dengan kunci tanggapan Soal UTS/ Perguruan Tinggi Swasta K13 Tema 2 Kelas 3 Semester 1 KD : Matematika

Kompetensi Dasar : Matematika

I. Berilah tanda silang (x) pada aksara a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar !
1. Hasil dari 300 + 100 = 400. Hasil dari 100 + 300 ialah ....
a. 200
b. 100
c. 300
d. 400

2. 145 + 118 = 118 + ....
a. 118
b. 125
c. 135
d. 145

3. 130 + .... = 273 + 130
a. 130
b. 100
c. 200
d. 273

4. 125 + 150 = n
150 + 120 = n
Nilai dari n ialah ....
a. 200
b. 250
c. 275
d. 280

5. a+b = b+a
Data tersebut merupakan sifat pada penjumlahan ....
a. komutatif
b. asosiatif
c. distributif
d. komunikatif

7. Arman mempunyai 115 kelereng berwarna merah dan 55 kelereng berwarna
hitam. Jumlah semua kelereng Arman ialah .... butir.
a. 160
b. 165
c. 170
d. 180

8. Seorang pedagang buah mempunyai 189 buah apel dan 426 buah mangga. Jumlah buah apel dan buah mangga tersebut ada ....
a. 600
b. 610
c. 612
d. 615

9. Di suatu kebun terdapat 2 buah pohon pepaya. Pohon pertama berbuah
56 buah dan pohon kedua berbuah 48 buah. Jumlah buuh pepaya seluruhnya ada ....
a. 100
b. 102
c. 104
d. 106

10. Pasangan komutatif dari bentuk perkalian 68 x 7 ialah ....
a. 6 x 87
b. 68 x 7
c. 7 x 86
d. 7 x 68

11. Hasil pengerjaan dari 86 x 9 ialah ....
a. 772
b. 774
c. 776
d. 778

12. Di sebuah peternakan sapi terdapat 12 kandang. Tiap sangkar berisi 5 sapi. Jumlah sapi di peternakan tersebut ada .... ekor.
a. 48
b. 50
c. 56
d. 60

13. Bayu beternak ayam, ia mempunyai 20 sangkar ayam. Setiap sangkar berisi 12 ekor.
Jumlah ayam yang dimiliki oleh Bayu ialah .... ekor.
a. 240
b. 250
c. 260
d. 270

14.
 Soal sudah dilengkapi dengan kunci tanggapan Soal UTS/ Perguruan Tinggi Swasta K13 Tema 2 Kelas 3 Semester 1 KD : Matematika
Hasil penjumlahan menurut garis bilangan di atas ialah ....
a. 3 + 12 = 13
b. 3 + 9 = 12
c. 0 + 3 = 3
d. 0 + 12 = 12

15. Perhatikan gambar berikut !
 Soal sudah dilengkapi dengan kunci tanggapan Soal UTS/ Perguruan Tinggi Swasta K13 Tema 2 Kelas 3 Semester 1 KD : Matematika
Bagian yang diarsir menawarkan kepingan ....
a. 1/6
b. 2/6
c. 3/6
d. 4/6

16. Sebuah semangka dibagi 5 bab sama besar. Nilai setiap bab ialah ....
a. 4/5
b. 3/5
c. 2/5
d. 1/5

17. Pembilang pada kepingan 3/8 ialah ....
a. 3
b. 8
c. 38
d. 83

18. Lambang bilangan setengah ialah ....
a. 1/2
b. 1/3
c. 2/3
d. 1/1

19. Lambang bilangan seribu dua ratus lima puluh delapan ialah ....
a. 1258
b. 12058
c. 10258
d. 120058

20. Angka 5 pada bilangan 3.529 menempati daerah ....
a. satuan
b. puluhan
c. ratusan
d. ribuan

II. Isilah titik-titik berikut dengan tanggapan yang benar !
1. 5 + 3 = 8
3 + 5 = 8
Jadi, 5 + 3 = .... + ....

2. 450 + 200 = .... + 450

3. .... + 175 = 175 + 210

4. 8 x 6 = n x 8. Nilai n ialah ....

5. 9 x b = 7 x a Nilai b dan a ialah ....

6. Angka 3 pada kepingan 2/3 disebut ....

7. Sebuah roti dibagi 8 bab yang sama besar. Satu bab roti bernilai .....

8. Pecahan tujuh per sembilan ditulis ....

9. Hasil penjumlahan 5.275 + 1.175 ialah ....

10. Hasil perkalian dari 126 x 8 ialah ....

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang terang dan benar!
1. Ibu membeli 135 butir telur ayam lalu membeli lagi 265 telur ayam. Berapa jumlah telur ayam yang dibeli ibu?
Jawab : ....................................................................................................
...........................................

2. Di atas meja terdapat 3 buah kaleng. Kaleng pertama berisi 35 butir kelereng, kaleng kedua berisi 68 butir kelereng, dan kaleng ketiga berisi 125 butir kelereng. Berapa jumlah kelereng seluruhnya ?
Jawab : ....................................................................................................
...........................................

3. Ibu mempunyai 5 piring di meja makan. Setiap piring berisi 5 kue. Berapa jumlah camilan bagus ibu seluruhnya?
Jawab : ....................................................................................................
...........................................

4. Kakak mempunyai 5 tangkai bunga. Setiap tangkai berisi 8 bunga. Berapa jumlah bunga seluruhnya ?
Jawab : ....................................................................................................
...........................................

5. Sebuah camilan bagus bolu dibagikan kepada 12 anak dengan bab yang sama besar. Tentukan kepingan yang menawarkan bab camilan bagus bolu yang diterima setiap anak!
Jawab : ....................................................................................................
...........................................

Jika ingin mendownload soal, berikut ini linknya ⇩

Soal UTS/ Perguruan Tinggi Swasta K13 Tema 2 Kelas 3 Semester 1 KD : Matematika

Kunci Jawaban Room I

1. d. 400
2. d. 145
3. d. 273
4. c. 275
5. a. komutatif
7. c. 170
8. d. 615
9. c. 104
10. d. 7 x 68
11. b. 774
12. d. 60
13. a. 240
14. b. 3 + 9 = 12
15. b. 2/6
16. d. 1/5
17. a. 3
18. a. 1/2
19. a. 1258
20. c. ratusan

Kunci Jawaban Room II

1. 3 + 5
2. 200
3. 210
4. 6
5. b = 7, a = 9
6. penyebut
7. 1/8
8. 7/9
9. 6.450
10. 1.008

Kunci Jawaban Room III

1. 135 + 265 = 400
Makara telur ayam yang dibeli ibu sebanyak 400 butir

2. 35 + 68 + 125 = 228
Makara jumlah kelereng seluruhnya ada 228 butir.

3. 5 x 5 = 25
Makara jumlah camilan bagus ibu seluruhnya ada 25

4. 5 x 8 = 40
Makara jumlah bunga seluruhnya ada 40

5. 1/12
Note : Soal UTS/ Perguruan Tinggi Swasta K13 Tema 2 Kelas 3 Semester 1 KD : Matematika ialah konten yang disusun oleh dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang mengcopy paste dan mempublish ulang konten dalam bentuk apapun ! Terima kasih
Itulah Soal UTS/ Perguruan Tinggi Swasta K13 Tema 2 Kelas 3 Semester 1 KD : Matematika yang sanggup saya bagikan. Semoga bermanfaat.