Minggu, 12 Februari 2017

Soal Bangkit Datar Trapesium Plus Kunci Tanggapan

Berikut ini adalah Soal Bangun Datar Trapesium yaitu mencari luas dan keliling trapesium. Soal sudah dilengkapi Kunci Jawaban serta Pembahasan. Soal Bangun Datar Trapesium ini terdiri dari 20 soal pilihan ganda dan 10 soal uraian.

Soal Bangun Datar Trapesium yaitu mencari luas dan keliling trapesium Soal Bangun Datar Trapesium plus Kunci Jawaban

I. Berilah tanda silang (X) pada aksara a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar !

1. Trapesium yang mempunyai simetri lipat ialah ....
a. Trapesium sembarang
b. Trapesium sama kaki
c. Trapesium siku-siku
d. Trapesium sama sisi

2. Rumus Luas Trapesium ialah ....
a. 1/2 x ganjal x tinggi
b. 1/2 x jumlah sisi sejajar x t
c. ganjal x tinggi
d. 1/2 x diagonal x diagonal

3. Rumus untuk mencari tinggi trapesium ialah ....
a. t = (2 x Luas) : jumlah sisi sejajar
b. t = (Luas : 2) x jumlah sisi sejajar
c. t = (2 x Luas) x jumlah sisi sejajar
d. t = (Luas : 2) : jumlah sisi sejajar

4. Rumus untuk mencari jumlah sisi sejajar trapesium ialah ....
a. Jumlah sisi sejajar = (2 x Luas) x t
b. Jumlah sisi sejajar = (2 x Luas) : t
c. Jumlah sisi sejajar = (Luas : 2) x t
d. Jumlah sisi sejajar = (Luas : 2) : t

5. Rumus untuk mencari panjang sisi sejajar yang lain ialah ....
a. Panjang sisi sejajar = (2 x Luas) : t – panjang sisi yang diketahui
b. Panjang sisi sejajar = (2 x Luas) x t – panjang sisi yang diketahui
c. Panjang sisi sejajar = (Luas : 2) x t – panjang sisi yang diketahui
d. Panjang sisi sejajar = (Luas : 2) : t – panjang sisi yang diketahui

6.
Soal Bangun Datar Trapesium yaitu mencari luas dan keliling trapesium Soal Bangun Datar Trapesium plus Kunci Jawaban
Luas berdiri di atas ialah ....
a. 189 cm²
b. 209 cm²
c. 219 cm²
d. 239 cm²

7. Sebuah trapesium yang mempunyai luas 560 cm² dan tinggi 20 cm. Maka panjang sisi ganjal (a) dan panjang sisi atas (b) pada trapesium tersebut ialah ....
a. 32 cm dan 24 cm
b. 34 cm dan 26 cm
c. 36 cm dan 28 cm
d. 40 cm dan 22 cm

8. Diketahui panjang kedua sisi sejajar trapesium ialah 28 cm dan 32 cm. Jika luas trapesiumnya 750 cm², maka tinggi trapesium tersebut ialah .... cm.
a. 18
b. 20
c. 25
d. 30

9. Tinggi suatu trapesium 24 cm. Jika luas trapesium tersebut 768 cm ² dan panjang salah satu sisi sejajar 38 cm, maka panjang sisi sejajar yang lain ialah ....
a. 24
b. 26
c. 28
d. 30

10. Suatu trapesium mempunyai luas 2.852 cm ². Jika tinggi trapesium 62 cm dan panjang salah satu sisi sejajar 58 cm, maka panjang sisi sejajarnya yang lain ialah ....
a. 28
b. 32
c. 34
d. 36

11. Suatu trapesium tingginya 12 cm dan mempunyai luas 156 cm². Jumlah panjang sisi sejajar
trapesium tersebut ialah .... cm
a. 22
b. 24
c. 26
d. 32

12. Luas trapesium dengan panjang (a + b) = 68 cm dan tinggi 28 cm ialah .... cm²
a. 952
b. 964
c. 968
d. 970

13. Sebuah trapesium luasnya 2.914 cm². Jika panjang sisi sejajarnya ialah 36 cm dan
58 cm, maka tinggi trapesium tersebut ialah .... cm.
a. 48
b. 52
c. 60
d. 62

14. Panjang sisi-sisi sejajar trapesium ialah 46 cm dan 52 cm. Luas trapesium tersebut
1.911 cm² . Maka tingginya ialah .... cm.
a. 28
b. 36
c. 39
d. 41

15. Sebuah trapesium mempunyai luas 477 cm² . Tinggi trapesium 18 cm dan panjang salah satu
sisi sejajar 32 cm. Panjang sisi sejajar yang lain ialah .... cm
a. 17
b. 21
c. 24
d. 26

16. Panjang sisi-sisi sejajar trapesium ialah 22 cm dan 36 cm. Luas trapesium tersebut
812 cm² . Maka tingginya ialah .... cm
a. 28
b. 29
c. 30
d. 32

17.
Soal Bangun Datar Trapesium yaitu mencari luas dan keliling trapesium Soal Bangun Datar Trapesium plus Kunci Jawaban

Keliling berdiri di atas ialah .... cm
a. 46 cm
b. 48 cm
c. 52 cm
d. 56 cm

18. Diketahui tinggi trapesium 15 cm. Panjang sisi ganjal 20 cm dan panjang sisi atas 12 cm. Keliling trapesium tersebut ialah .... cm
a. 58
b. 64
c. 66
d. 70

19.
Soal Bangun Datar Trapesium yaitu mencari luas dan keliling trapesium Soal Bangun Datar Trapesium plus Kunci Jawaban
Keliling trapesium di atas ialah ....
a. 46 cm
b. 48 cm
c. 50 cm
d. 52 cm

20.
Soal Bangun Datar Trapesium yaitu mencari luas dan keliling trapesium Soal Bangun Datar Trapesium plus Kunci Jawaban

Keliling trapesium di atas ialah .... cm
a. 62
b. 63
c. 64
d. 65

II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan uraian yang sempurna !

Perhatikan gambar di bawah ini untuk menjawab soal nomor 1 – 4 !

Soal Bangun Datar Trapesium yaitu mencari luas dan keliling trapesium Soal Bangun Datar Trapesium plus Kunci Jawaban

1. Berapa luas trapesium I ?
Jawab : .......................................................................................................................................................................................................................................

2. Hitunglah tinggi trapesium II !
Jawab : .......................................................................................................................................................................................................................................

3. Berapa panjang sisi ganjal trapesium III ?
Jawab : .......................................................................................................................................................................................................................................

4. Berapa panjang kedua sisi sejajar pada berdiri trapesium IV ?
Jawab : .......................................................................................................................................................................................................................................

5. Sebuah trapesium luasnya 240 cm². Kedua sisi sejajar masing-masing 32 cm dan 16 cm. Berapa tingginya?
Jawab : .......................................................................................................................................................................................................................................

6. Sisi sejajar berdiri trapesium 24 cm dan 32 cm. Tinggi trapesium 18 cm. Hitunglah luasnya !
Jawab : .......................................................................................................................................................................................................................................

7. Sebuah trapesium mempunyai panjang sisi ganjal 9 cm dan panjang sisi atas 6 cm sedangkan tingginya 4 cm. Hitunglah kelilingnya !
Jawab : .......................................................................................................................................................................................................................................

8. Sebuah trapesium mempunyai luas 1.512 cm² . Jika tinggi trapesium tersebut 48 cm,
berapa panjang kedua sisi sejajarnya?
Jawab : .......................................................................................................................................................................................................................................

9. Sebuah trapesium mempunyai luas 2.795 cm² . Jika panjang kedua sisi sejajarnya 86, Berapa tingginya?
Jawab : .......................................................................................................................................................................................................................................

10. Diketahui sebuah trapesium sama kaki, kedua sisi sejajar panjangnya 44 cm sedangkan panjang sisi miringnya masing-masing 15 cm. Berapa panjang keliling trapesium?
Jawab : .......................................................................................................................................................................................................................................

Berikut ini ialah File Download Soal Bangun Datar Trapesium

Kunci Jawaban Room I





1. Trapesium dibedakan menjadi 3 jenis yaitu trapesium sama kaki, trapesium siku-siku, dan trapesium sembarang. Yang mempunyai simetri lipat yaitu trapesium sama kaki.
Jawaban : b

2. Ada beberapa variasi rumus trapesium yaitu

Soal Bangun Datar Trapesium yaitu mencari luas dan keliling trapesium Soal Bangun Datar Trapesium plus Kunci Jawaban

Jawaban : b


3. L = 1/2 x jumlah sisi sejajar x t
t = (2 x Luas) : jumlah sisi sejajar
Jawaban : a

4. L = 1/2 x jumlah sisi sejajar x t
Jumlah sisi sejajar = (2 x Luas) : t
Jawaban : b

5. L = 1/2 x jumlah sisi sejajar x t
Panjang sisi sejajar yang lain = (2 x Luas) : t – panjang sisi yang diketahui
Jawaban : a

6. L = ( S1 + S2 ) x t : 2
L = (28 + 14) x 9 : 2
L = 189 cm²
Jawaban : a

7. L = (a + b) x t : 2
(a + b) = 2 x Luas : t
(a + b) = 2 x 560 : 20
(a + b) = 1.120 : 20
(a + b) = 56 cm
(a + b) = 32 cm dan 24 cm
Jawaban : a

8. t = 2 x Luas : (S1 + S2)
t = 2 x 750 : 60
t = 1.500 : 60
t = 25 cm
Jawaban : c

9. S1 + S2 = (2 x Luas) : t
S2 = (2 x Luas : t ) - S1
S2 = 1.536 : 24 - 38
S2= 26 cm
Jawaban : b

10. (S1 + S2) = 2 x Luas : t
S2 = (2 x Luas : t) - S1
S2 = 5704 : 62 - 58
S2 = 38 cm
Jawaban : c

11. (S1 + S2) = 2 x Luas : t
(S1 + S2) = 2 x 156 : 12
(S1 + S2) = 312 : 12
(S1 + S2) = 26
Makara panjang kedua sisi sejajar = 26 cm
Jawaban : c

12. L = (S1 + S2) x t : 2
L = 1/2 x 68 x 28
L = 34 x 28
L = 952 cm
Jawaban : a

13. L = (S1 + S2) x t : 2
t = (2 x Luas) : (S1 + S2)
t = 2 x 2.914 : (36 + 58)
t =5.828 : 94
t = 62 cm
Jawaban : d

14. L = S1+ S2) x t : 2
t = 2 x Luas : (S1 + S2)
t = 2 x 1.911 : (46 + 52)
t = 3.822 : 98
t = 39
Jawaban : b

15. L = (S1 + S2) x t : 2
S2 =(2 x Luas : t) - S1
S2 = (2 x 477 : 18) - 32
S2 = 53 - 32
S2 = 21
Jawaban : b

16. L = (S1 + S2) x t : 2
t = 2 x Luas: (S1 + S2)
t = 2 x 812 : (22 + 36)
t = 1.624 : 58
t = 28
Jawaban : a

17. K = panjang seluruh sisinya
K = AB + BC + CD + DA
Untuk menghitung keliling trapesium kita harus mengetahui sisi miring dengan rumus Pythagoras.
a² + b² = c²
6² + (20 - 12)² = c²
36 + 64 = c²
100 = c²
c = √100
c = 10
K = 20 + 10 + 12 + 10
K = 52 cm
Jawaban : c

18. K = AB + BC + CD + DA
Untuk menghitung keliling trapesium kita harus mengetahui sisi miring dengan rumus Pythagoras.
a²  + b² = c²
15²  + (20 - 12)²  = c²
225 + 64 = c²
289 = c²
c = √289
c = 17
K = 20 + 17 + 12 +/17
K = 66 cm
Jawaban : c

19. K = AB + BC + CD + DA
Untuk mencari keliling trapesium kita harus mengetahui sisi miring dengan rumus Pythagoras.
a² + b² = c²
8² + (18 - 12)² = c²
64 + 36 = c²
c = √100
c = 10
K = 18 + 8 + 12 + 10
K = 48 cm
Jawaban : b

20. K = AB + BC + CD + DA
K = 21 + 15 + 12 + 15
K = 63 cm
Jawaban : b

Kunci Jawaban Room II
1. L = (S1 + S2) x t : 2
L = (27 + 19) x 12 : 2
L = 276
Makara luas trapesium I ialah 276 cm²

2. t = 2 x L : ( S1 + S2)
t = 2 x 170 : (20 + 14)
t = 10
Makara tinggi trapesium II ialah 10 cm

3. S1 = (2 x L : t) - S2
S1 = (2 x 266 : 16) - 12
S1 = 32 - 12
S1 = 20
Makara panjang sisi ganjal trapesium III ialah 20 cm

4. S1 + S2 = 2 x L : t
S1 + S2 = 2 x 812 : 28
S1 + S2 = 58
Makara panjang kedua sisi sejajar pada berdiri trapesium IV ialah 58 cm

5. t = 2 x L : (S1 + S2)
t = 2 x 240 : (32 + 16)
t = 10
Makara tinggi trapesium ialah 10 cm

6. L = (S1 + S2) x t : 2
L = (24 + 32) x 18 : 2
L = 504
Makara Luas trapesium ialah 504 cm²

7. Diketahui S1 = 9 cm, S2 = 6 cm, dan t = 4 cm.
Untuk menghitung keliling trapesium kita harus mengetahui sisi miring dengan rumus Pythagoras.
a² + b² = c²
(9 - 6)² + 4² = c²
3² + 4² = c²
25 = c²
c = √25
c = 5
K = S1 + t + S2 + sisi miring
K = 9 + 4 + 6 + 5
K = 24
Makara keliling trapesium ialah 24 cm

8. (S1 + S2) = 2 X L : t
(S1 + S2) = 2 x 1.512 : 48
(S1 + S2) = 63
Makara panjang kedua sisi sejajar trapesium ialah 63 cm

9. t = 2 x L : (S1 + S2)
t = 2 x 2.795 : 86
t = 65
Makara tinggi trapesium ialah 65 cm

10. K = (S1 + S2) + 2 x sisi miring
K = 44 + 30
K = 74
Makara keliling trapesium ialah 74 cm

Itulah Soal Bangun Datar Trapesium plus Kunci Jawaban yaitu mencari luas dan keliling trapesium. Semoga bermanfaat.

Sabtu, 11 Februari 2017

Soal Skala, Jarak Peta, Jarak Bahwasanya Plus Kunci Jawaban

Berikut ini adalah Soal Skala, Jarak Peta, Jarak Sebenarnya. Soal sudah dilengkapi dengan Kunci Jawaban serta Pembahasan. Soal Skala, Jarak Peta, Jarak Sebenarnya ini terdiri dari 20 soal pilihan ganda dan 10 soal uraian. Dengan adanya soal ini, supaya dapat membantu bapak/ ibu wali murid, wali kelas yang membutuhkan Soal Skala, Jarak Peta, Jarak Sebenarnya untuk materi asuh putra-putri/ anak didik yang duduk di dingklik sekolah dasar kelas 4, 5, dan 6.

 Soal sudah dilengkapi dengan Kunci Jawaban serta Pembahasan Soal Skala, Jarak Peta, Jarak Sebenarnya plus Kunci Jawaban

I. Berilah tanda silang (X) pada karakter a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar !

1. Pada peta tertulis skala 1 : 500.000, artinya ....
a. setiap 1 cm jarak pada peta mewakili 500.000 cm atau 5 km jarak yang sebenarnya.
b. setiap 1 cm jarak yang bekerjsama mewakili 500.000 cm atau 5 km pada peta.
c. setiap 500.000 cm jarak pada peta mewakili 1 km jarak yang sebenarnya.
d. setiap 500.000 cm jarak bekerjsama mewakili 1 cm jarak pada peta.

2. Diketahui skala 1 : 300.000 dan jarak pada peta 8 cm, maka jarak bekerjsama ialah ...
a. 0,24 km
b. 2,4 km
c. 24 km
d. 240 km

3. Diketahui skala suatu peta adakah 1 : 250.000. Jika dari kota P ke kota Q pada peta tersebut ialah 12 cm, jarak yang bekerjsama antara kedua kota ialah ....
a. 25 km
b. 30 km
c. 35 km
d. 40 km

4. Jarak bekerjsama ialah 265 km. Jarak pada peta kalau memakai skala 1 : 1000.000 ialah ....
a. 0,265 cm
b. 2,65 cm
c. 26,5 cm
d. 265 cm

5. Pulau A dan pulau B jaraknya 320 km. Jarak tersebut akan digambar dengan ukuran 8 cm pada sebuah buku gambar. Skala yang dipakai ialah ....
a. 1 : 4.000
b. 1 : 40.000
c. 1 : 400.000
d. 1 : 4.000.000

6. Diketahui skala sebuah ukuran gambar ialah 1 : 400.000. Jika ukuran pada peta 8 cm, maka ukuran bekerjsama ialah ....
a. 3,2 km
b. 32 km
c. 320 km
d. 50 km

7. Skala 1 : 2.750.000. Jarak pada peta dari kota A - B ialah 20 cm. Panjang jarak kota A - B bekerjsama ialah ....
a. 550 km
b. 600 km
c. 55 km
d. 650 km

8. Sebuah lapangan berbentuk jajar genjang dengan skala 1 : 250 menyerupai gambar berikut.
 Soal sudah dilengkapi dengan Kunci Jawaban serta Pembahasan Soal Skala, Jarak Peta, Jarak Sebenarnya plus Kunci Jawaban
Luas bekerjsama bangkit tersebut ialah ....
a. 76,8 m²
b. 1,92 m²
c. 192 m²
d. 480 m²

9. Sebuah papan reklame berbentuk segitiga sama sisi dengan panjang sisinya 5 cm digambar pada selembar kertas. Skala yang dipakai 1 : 50. Panjang keliling bekerjsama papan reklame tersebut ialah ....
a. 2,5 m
b. 4,5 m
c. 7 m
d. 7,5 m

10.
 Soal sudah dilengkapi dengan Kunci Jawaban serta Pembahasan Soal Skala, Jarak Peta, Jarak Sebenarnya plus Kunci Jawaban
Sebuah bangunan berbentuk menyerupai gambar, dengan skala 1 : 300. Luas bekerjsama bangkit tersebut ialah ....
a. 457 m²
b. 527 m²
c. 594 m²
d. 617 m²

11. Jarak kota D - E ialah 270 km. Jika jarak kota D - E pada peta 3 cm. Skala peta yang dipakai ialah ....
a. 1 : 9.000
b. 1 : 90.000
c. 1 : 900.000
d. 1 : 9.000.000

12. Tinggi sebuah menara 60 meter. Tinggi pada bagan 10 cm. Skala yang dipakai ialah ....
a. 1 : 6
b. 1 : 10
c. 1 : 60
d. 1 : 600

13. Jarak kota M - N pada peta 6 cm. Skala peta 1 : 3.500.000. Jarak kota M - N bekerjsama ialah ....
a. 210 km
b. 250 km
c. 270 km
d. 300 km

14.
 Soal sudah dilengkapi dengan Kunci Jawaban serta Pembahasan Soal Skala, Jarak Peta, Jarak Sebenarnya plus Kunci Jawaban
Gambar di atas mempunyai skala 1 : 600. Luas bekerjsama bangkit di atas ialah ....
a. 144 m²
b. 1.440 m²
c. 154 m²
d. 1.540 m²

15. Tanah pekarangan berukuran panjang 24 m dan lebar 12 m. Akan digambar dengan skala 1 : 300. Maka ukuran gambar bukan bekerjsama ialah ....
a. panjang 6 cm dan lebar 3 cm
b. panjang 8 cm dan lebar 4 cm
c. panjang 4 cm dan lebar 8 cm
d. panjang 6 cm dan lebar 2 cm

16. Jarak rumah Eno dengan sekolah 3 1/2 km. Pada bagan tertulis 5 cm. Skala peta yang dipakai ialah ....
a. 1 : 700
b. 1 : 7.000
c. 1 : 70.000
d. 1 : 700.000

17. Kebun paman berbentuk persegi panjang berukuran panjang 125 m, dan lebar 75 m. Jika kebun tersebut digambar dengan skala 1 : 1.000, maka ukuran kebun itu pada gambar ialah ....
a. panjang 12,5 cm dan lebar 7,5 cm
b. panjang 1,25 cm dan lebar 0,75 cm
c. panjang 1,25 cm dan lebar 7,5 cm
d. panjang 7,5 cm dan lebar 12,5 cm

18. Sebuah jendela tingginya 2,5 m dan lebarnya 0, 8 m. Pada bagan tertulis tinggi 1,2 cm dan lebarnya 0,4 cm. Skala yang dipakai ialah ....
a. 1 : 10
b. 1 : 100
c. 1 : 1.000
d. 1 : 10.000

19. Jarak Solo - Semarang pada peta 10 cm. Jika skalanya 1 : 2.500.000 maka jarak bekerjsama ialah ....
a. 150 km
b. 200 km
c. 250 km
d. 300 km

20. Sebuah bak ikan berbentuk persegi dengan panjang sisinya 28 cm digambar pada selembar kertas. Skala yang dipakai 1 : 100. Panjang keliling bekerjsama bak ikan tersebut ialah ....
a. 100 m
b. 112 m
c. 124 m
d. 128 m

II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan uraian yang sempurna !

1. Sebuah gudang digambarkan dengan skala 1 : 50. Jika panjang gudang pada gambar ialah 20 cm , tentukan berapa panjang gudang yang sesungguhnya ?
Jawab : .................................................................................................................................................................................................................

2. Pada sebuah peta jarak setiap 15 cm mewakili 90 km jarak sebenarnya, tentukan skala pada peta tersebut ?
Jawab : .................................................................................................................................................................................................................

3. Jarak pada peta dengan skala 1:50.000 ialah 75 cm. Berapa Jarak bekerjsama ?
Jawab : .................................................................................................................................................................................................................

4. Bila bagan sawah Pak Untung mempunyai skala 1:800 dengan panjang pada bagan ialah 25 cm dan lebarnya ialah 10 cm. Berapakah luas sawah Pak Untung yang bekerjsama ?
Jawab : .................................................................................................................................................................................................................

5. Jarak kota A ke kota B yang bekerjsama ialah 60 km. Tentukan berapa jarak kota A ke kota B pada peta bila skala yang dipakai ialah 1 : 1.000.000 ?.
Jawab : .................................................................................................................................................................................................................

6. Jarak rumah Ita dan rumah Fina ialah 27 km. Jika dalam suatu bagan rumah mereka berjarak 9 cm. Berapakah skala yang dipakai bagan tersebut ?
Jawab : .................................................................................................................................................................................................................

7. Skala sebuah peta ialah 1 : 500.000. Jika jarak A ke kota B ialah 90 km, tentukan jarak pada peta tersebut !
Jawab : .................................................................................................................................................................................................................

8.
 Soal sudah dilengkapi dengan Kunci Jawaban serta Pembahasan Soal Skala, Jarak Peta, Jarak Sebenarnya plus Kunci Jawaban
Bangun di atas mempunyai skala 1 : 200. Tentukan luas bekerjsama bangkit tersebut !
Jawab : .................................................................................................................................................................................................................

9. Skala 1 : 300
 Soal sudah dilengkapi dengan Kunci Jawaban serta Pembahasan Soal Skala, Jarak Peta, Jarak Sebenarnya plus Kunci Jawaban
Tentukan keliling bekerjsama !
Jawab : .................................................................................................................................................................................................................

10. Sebuah lapangan berbentuk persegi panjang berukuran 100 m dan lebar 80 m. Berapa ukuran persegi panjang pada gambar kalau skalanya 1 : 1.000 ?
Jawab : .................................................................................................................................................................................................................

Download Soal Skala, Jarak Peta, Jarak Sebenarnya 

Download Soal Skala, Jarak Peta, Jarak Sebenarnya plus Kunci Jawaban

Kunci Jawaban Room I

Berikut ini rumus mencari skala peta, jarak pada peta, dan jarak sebenarnya. Untuk mencari skala, panjang gambar, dan panjang bekerjsama sebuah bangkit yang digambar dengan denah, tinggi gedung, skala, tinggi bekerjsama juga dapat memakai rumus ini alasannya ialah intinya sama.

 Soal sudah dilengkapi dengan Kunci Jawaban serta Pembahasan Soal Skala, Jarak Peta, Jarak Sebenarnya plus Kunci Jawaban

1. Pembahasan
Pada peta tertulis skala 1 : 500.000, itu artinya setiap 1 cm jarak pada peta mewakili 500.000 cm atau 5 km jarak yang sebenarnya.
Jawaban : a

2. Pembahasan
Diketahui:
Jarak pada peta = 8 cm
Skala = 1 : 300.000
Ditanya jarak sebenarnya?
Jb = Jp : S
Jb = 8 : 1/300.000 (membagi belahan harus dibalik) sehingga menjadi...
Jb = 8 x 300.000
Jb = 2.400.000 cm = 24 km
Makara jarak bekerjsama ialah 24 km
Jawaban : c

3. Pembahasan
Diketahui:
Skala = 1 : 2.500.000
Jarak pada peta = 12 cm
Ditanya jarak sebenarnya?
Jb = Jp : S
Jb = 12 : 1/250.000
Jb = 12 x 250.000
Jb = 3.000.000 cm = 30 km
Makara jarak bekerjsama ialah 30 km
Jawaban : b

4. Pembahasan
Diketahui :
Jarak bekerjsama = 265 km = 16.500.000 cm
Skala = 1 : 1.000.000
Ditanya jarak pada peta?
Jp = S x Jb
Jp = 1/1.000.000 x 26.500.000
Jp = 26,5 cm
Jadi, jarak pada peta ialah 26,5 cm
Jawaban : c

5. Pembahasan
Diketahui :
Jarak bekerjsama = 320 km = 32.000.000 cm
Jarak pada peta = 8 cm
Ditanya skala?
S = Jp : Jb
S = 8 : 32.000.000
S = 1/4.000.000 = 1 : 4.000.000
Jadi,skala yang dipakai ialah 1 : 1.000.000
Jawaban : d

6. Pembahasan
Diketahui :
Skala = 1 : 400.000
Jarak pada peta = 8 cm
Ditanya jarak sebenarnya?
Jb = Jp : S
Jb = 8 : 1/400.000
Jb = 8 x 400.000
Jb = 3.200.000 cm = 32 km
Jadi, jarak bekerjsama ialah 32 km

7. Pembahasan
Diketahui :
Skala = 1 : 2.750.000
Jarak pada peta = 20 cm
Ditanya jarak sebenarnya?
Jb = Jp : S
Jb = 15 : 1/2.750.000
Jb = 20 x 2.750.000
Jb = 55.000.000 cm = 550 km
Jadi, jarak bekerjsama ialah 550 km

8. Pembahasan
Diketahui :
Skala = 1 : 250
Alas jajar genjang = 6 cm
Alas jajar genjang bekerjsama = 12,8 x 250 =3.200 cm = 32 m
Tinggi jajar genjang = 6 cm
Tinggi jajar genjang bekerjsama = 6 x 250 = 1.500 cm = 15 m
Luas jajar genjang = a x t
Luas jajar genjang = 32 x 15 = 480 m²
Jawaban : d

9. Pembahasan
Diketahui :
Skala = 1 : 50
Panjang sisi segitiga = 5 cm
Panjang sisi segitiga bekerjsama = 5 x 50 = 250 cm = 2,5 m
Ditanya keliling sebenarnya?
Keliling segitiga sama sisi = 3 x sisis
Keliling segitiga sama sisi = 3 x 2,5 m = 7,5 m
Jawaban : d

10. Pembahasan
Diketahui :
Skala = 1 : 300
Bangun I
Panjang 6 cm, lebar 5 cm
Panjang bekerjsama 6 x 300 = 1.800 cm = 18 m
Lebar bekerjsama 5 x 300 = 1.500 = 15 cm
Luas = p x l
Luas = 18 x 15 = 270 m²
Bangun II
Panjang 9 cm, lebar 4 cm
Panjang bekerjsama 9 x 300 = 2.700 cm = 27 m
Lebar bekerjsama 4 x 300 = 1.200 cm = 12 m
Luas = p x l
Luas = 27 x 12 = 324 m²

Luas bangkit = bangkit I + bangkit II
Luas bangkit = 270 + 324 = 594 m²
Jawaban : c

11. Pembahasan
Diketahui :
Jarak bekerjsama = 270 km = 27.000.000 cm
Jarak pada peta = 3 cm
Ditanya skala?
S = Jp : Jb
S = 3 : 27.000.000
S = 3 x 1/27.000.000
S = 1/9.000.000 = 1 : 9.000.000
Makara skala peta yang dipakai ialah 1 : 9.000.000
Jawaban : d

12. Pembahasan
Diketahui :
Tinggi bekerjsama = jarak bekerjsama = 60 m = 600 cm
Tinggi bagan = jarak pada peta = 10 cm
Ditanya skala?
S = Jp : Jb
S = 10 : 6.000
S = 10 x 1/6.000 = 1/600
S = 1 : 600
Jawaban : d

13. Pembahasan
Diketahui :
Jarak pada peta = 6 cm
Skala = 1 : 3.500.000
Ditanya jarak sebenarnya?
Jb = Jp : S
Jb = 6 : 1/3.500.000
Jb = 6 x 3.500.000
Jb = 21.000.000 cm = 210 km
Jadi, jarak bekerjsama ialah 210 km
Jawaban : a

14. Pembahasan
Diketahui :
Skala = 1 : 600
Sisi ganjal 12 cm, sisi atas 8 cm, tinggi = 4 cm
Sisi ganjal bekerjsama = 12 x 600 = 7.200 cm = 72 m
Sisi atas bekerjsama = 8 x 600 = 4.800 cm = 48 m
Tinggi bekerjsama = 4 x 600 = 2.400 cm = 24 m
Ditanya luas sebenarnya?

Luas trapesium = (S1 + S2) x t : 2
Luas trapesium = (72 + 48) x 24 : 2
Luas trapesium = 1.440 m²
Jawaban : b

15. Pembahasan
Diketahui :
Skala = 1 : 300
Panjang bekerjsama 24 m = 2.400 cm
Panjang pada gambar = 2.400 : 300 = 8 cm
Lebar bekerjsama 12 m = 1.200 cm
Lebar pada gambar = 1.200 : 300 = 4 cm
Makara ukuran gambar bukan bekerjsama ialah panjang 8 cm dan lebar 4 cm
Jawaban : b

16. Pembahasan
Diketahui :
Jarak bekerjsama = 3 1/2 km = 350.000 cm
Jarak pada peta = 5 cm
Ditanya skala?
S = Jp : Jb
S = 5 : 350.000
S = 5 x 1/350.000
S = 1/70.000 = 1 : 70.000
Jawaban : c

17. Pembahasan
Diketahui :
Skala = 1 : 1.000
Panjang bekerjsama 125 m = 12.500 cm
Panjang pada gambar = 12.500 : 1.000 = 12,5 cm
Lebar bekerjsama = 75 m = 7.500 cm
Lebar pada gambar = 7.500 : 1.000 = 7,5 cm
Makara ukuran kebun pada gambar ialah panjang 12,5 cm dan lebar 7,5 cm.
Jawaban : a

18. Pembahasan
Diketahui :
Tinggi bekerjsama = 2,5 m = 250 cm
Tinggi pada bagan = 1,2 cm
Lebar bekerjsama = 0,8 m = 80 cm
Lebar pada bagan = 0,4 cm
Ditanya skala?
Kita cari salah satu.
S = Jp : Jb
S = 0,8 : 80
S = 0.8/80
S = 1/100 = 1 : 100
Jawaban : b

19. Pembahasan
Diketahui :
Jarak pada peta = 10 cm
Skala = 1 : 2.500.000
Ditanya jarak sebenarnya?
Jb = Jp : S
Jb = 10 : 1/2.500.000
Jb = 10 x 2.500.000
Jarak bekerjsama = 25.000.000 cm = 250 km
Jawaban : c

20. Pembahasan
Diketahui :
Skala = 1 : 100
Panjang sisi = 28 cm
Panjang sisi bekerjsama = 28 x 100 = 2.800 cm = 28 m
K = 4 x s
K = 4 x 28
K = 112 m
Makara keliling bak ikan ialah 112 m
Jawaban : b

Kunci Jawaban Room II



1. Pembahasan
Diketahui :
Skala = 1 : 50
Panjang gudang pada gambar (Jp)= 20 cm
Ditanya panjang gudang sesungguhnya (jb)?
Jb = Jp : S
Jb = 20 : 1/50
Jb = 20 x 50 = 1.000 cm = 100 m
Jadi, panjang gudang bekerjsama ialah 100 m

2. Pembahasan
Diketahui :
Jarak pada peta = 15 cm
Jarak bekerjsama = 90 km = 9.000.000 cm
Ditanya skala?
S = Jp : Jb
S = 15 : 9.000.000
S = 15 x 1/9.000.000
S = 1/600.000 = 1 : 600.000
Makara skala peta dalah 1 : 600.000

3. Pembahasan
Diketahui :
Skala = 1 : 50.000
Jarak pada peta = 75 cm
Ditanya jarak sebenarnya?
Jb = Jp : s
Jb = 75 : 1/50.000
Jb = 75 x 50.000
Jb = 3.750.000 cm = 37,5 km

4. Pembahasan
Diketahui :
Skala = 1 : 800
Panjang pada bagan = 25 cm, lebar = 10 cm
Panjang bekerjsama = 25 x 800 = 20.000 cm = 200 m
Lebar bekerjsama = 10 x 800 = 8.000 cm = 80 m
Luas = p x l
Luas = 200 x 80 = 16.000 m²
Makara luas sawah Pak Untung ialah 16.000 m²

5. Pembahasan
Diketahui :
Jarak bekerjsama = 60 km = 6.000.000 cm
Skala peta = 1 : 1.000.000
Ditanya jarak peta ?
Jp = Jb x S
Jp = 6.000.000 x 1/1.000.000
Jp = 6 cm
Jadi, jarak pada peta ialah 6 cm

6. Pembahasan
Diketahui :
Jarak bekerjsama = 27 km = 2.700.000 cm
Jarak pada bagan = 9 cm
Ditanya skala?
S = Jp : Jb
S = 9 : 2.700.000
S = 9 x 1/2.700.000
S = 9/2.700.000
S = 1/300.000 = 1 : 300.000
Jadi, skala yang dipakai pada bagan ialah 1 : 300.000

7. Pembahasan
Diketahui :
Skala peta = 1 : 500.000
Jarak bekerjsama 90 km = 9.000.000 cm
Ditanya jarak pada peta?
Jp = S x Jb
Jp = 1/500.000 x 9.000.000
Jp = 18 cm
Makara jarak pada peta ialah 18 cm

8. Pembahasan
Diketahui :
Skala = 1 : 200
Panjang bangkit I = 8 cm, lebar = 4 cm
Panjang bekerjsama bangkit I = 8 x 200 = 1.600 cm = 16 m
Lebar bekerjsama bangkit I = 4 x 200 = 800 cm = 8 m
Luas = p x l
Luas = 16 m x 8 m = 128 m²

Panjang bangkit II = 7 cm, lebar 3 cm
Panjang bekerjsama bangkit II = 7 x 200 = 1.400 cm = 14 m
Lebar bekerjsama bangkit II = 4 x 200 = 800 cm = 8 m
Luas = p x l
Luas = 14 m x 8 m = 112 m²

Luas bangkit = bangkit I + bnagun II
Luas bangkit = 128 m² + 112 m² = 240 m²
Makara luas bekerjsama bangkit tersebut ialah 240 m²

9. Pembahasan
Diketahui :
Skala = 1 : 300
Panjang sisi 7 cm, panjang bekerjsama = 7 x 300 = 2.100 cm = 21 m
Panjang sisi 6 cm, panjang bekerjsama = 6 x 300 = 1.800 cm = 18 m
Panjang sisi 10 cm, panjang bekerjsama = 10 x 300 = 3.000 cm = 30 m
K = (3 x 21 m) + (2 x 18 m) + (2 x 30 m)
K = 63 m + 36 m + 60 m
K = 159 m
Makara keliling bekerjsama bangkit tersebut ialah 159 m

10. Pembahasan
Diketahui :
Skala = 1 : 1.000
Panjang 100 m = 10.000 cm, lebar 80 m = 8.000 cm
Ditanya ukuran pada gambar?
Panjang pada gambar = 1/1.000 x 10.000 = 10 cm
Lebar pada gambar = 1/1.000 x 8.000 = 8 cm
Makara ukuran persegi panjang pada gambar ialah panjang 10 cm dan lebar 8 cm

Itulah Soal Skala, Jarak Peta, Jarak Sebenarnya plus Kunci Jawaban. Semoga bermanfaat.

Dampak Aktual Dan Negatif Media Umum Bagi Pelajar

Kemunculan teknologi internet memicu dampak faktual dan negatif media umum bagi pelajar. Apalagi sekarang semakin marak banyaknya aplikasi jejaring sosial sehingga semakin gampang untuk diakses. Beberapa media umum yang kerap diakses kalangan pelajar, mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, WhatsApp, Telegram, Google Plus dan masih banyak lagi yang lainnya.
Kemunculan teknologi internet memicu dampak faktual dan negatif media umum bagi pelajar Dampak Positif dan Negatif Media Sosial Bagi Pelajar
Apabila pelajar tidak bijak dalam memanfaatkan media sosial, maka sanggup menyebabkan efek negatif bagi diri mereka sendiri. Namun sebaliknya, keberadaan media umum akan memunculkan dampak yang faktual selagi para pelajar menggunakannya sebagai media edukasi.  Inilah dampak faktual dan negatif media umum bagi pelajar dan lainnya.

Dampak Positif Media Sosial bagi Pelajar 

Seperti yang kita tahu ketika ini Instagram yakni salah satu media umum paling banyak dipakai oleh kalangan mana pun, termasuk pelajar. Tentu saja media ini bukan hanya untuk dipakai sebagai media komunikasi, tetapi juga sebagai ajang berbisnis bagi sebagian  kalangan.  Nah, apa saja dampak faktual media umum bagi pelajar?  Berikut ulasannya!

Media Komunitas Belajar 

Dampak faktual dari adanya media umum yakni sanggup dijadikan sebagai media komunitas berguru dari mana pun. Anda sanggup bergabung di grup komunitas berguru biar sanggup saling interaksi dengan anggota lainnya. Kaprikornus tidak perlu saling bertatap muka secara langsung, alasannya yakni melalui chat via media umum ibarat grup facebook atau whatsApp. 

Mencari Teman 

Berkat fitur yang terdapat di media umum tentu sanggup untuk menambah pertemanan.  Dengan begitu, Anda dengan gampang sanggup mencari sahabat sebaya sebanyak yang diinginkan. Menariknya, hanya melalui media umum Anda sanggup menemukan sahabat yang sudah terpisah usang atau tidak melaksanakan komunikasi apapun. Namun dengan satu syarat sahabat Anda juga harus mempunyai akun jejaring sosial yang sama biar sanggup terhubung.

Dampak Negatif Media Sosial bagi Pelajar 

Mengingat dampak faktual dan dampak negatif media umum bagi pelajar sangat penting diketahui.  Kini kita tinggal membahas dampak negatif yang akan didapat kalangan pelajar ketika bermain dan berselancar di akun jejaring sosialnya. Simak terus klarifikasi di bawah ini.

Kecanduan Media Sosial

Rupanya efek kecanduan bukan hanya bagi pengguna narkoba atau kafein, tetapi bagi para pengguna sosial media yang terus menerus menggunakannya. Kemunculan pribadi yang mulai ketergantungan pada akun media umum masing-masing tidak sanggup dipungkiri. Terbukti banyaknya postingan foto berseragam sekolah dengan tingkah laris dan status yang aneh-aneh kerap memenuhi beranda. Tujuan mereka tidak lain yakni demi sanggup terus eksis dan berharap menjadi populer di media sosial

Banyak Konten Dewasa

Teknologi media umum yang memang menyajikan aneka macam konten apapun, bahkan konten remaja seringkali muncul melalui iklan di jejaring sosial tersebut.  Tentu saja hal ini tidak sanggup dihindari, mengingat pengguna medsos bukan hanya anak sekolah tetapi juga orang remaja dari aneka macam belahan dunia. Inilah efek negatif bagi pelajar bila ia turut menggandakan konten yang berbau pornografi atau SARA. 

Itulah ulasan yang harus kita ketahui mengenai dampak faktual dan negatif media umum bagi pelajar. Semoga sanggup bermanfaat bagi kita semua. 

Jumat, 10 Februari 2017

Manfaat Teka-Teki Silang (Tts) Bagi Pelajar

Semua niscaya sudah tahu teka-teki silang atau TTS kan? Namun tahukah Anda jikalau teka-teki silang ternyata banyak keuntungannya terutama bagi pelajar. Berbagai manfaat teka teki silang (TTS) bagi pelajar perlu kita ketahui alasannya yaitu memang mempunyai imbas positif. Salah satunya yaitu semakin gemar membaca, mengingat permainan teka-teki silang (TTS) yang membutuhkan pengetahuan dan informasi supaya bisa mengisinya. Tak hanya itu, mengisi teka-teki silang juga akan menjadi media hiburan yang positif alasannya yaitu sanggup menambah wawasan.
teki silang ternyata banyak keuntungannya terutama bagi pelajar Manfaat Teka-Teki Silang (TTS) bagi Pelajar
Biasanya orang akan mengisi TTS pada ketika sedang menunggu seseorang atau di waktu luang sebagai aktivitas positif. Namun intinya para penggemar TTS menginginkan akan menerima manfaat dari mengisi TTS tersebut. Lantas, apa saja manfaat bermain teka teki silang bagi pelajar yang sering mengisinya? Simak terus ulasan di bawah ini.

Apa yang Dimaksud TTS?  

Sebelum membahas manfaat teka teki silang bagi pelajar, tidak ada salahnya Anda mengenali apa itu TTS dan darimana asal permainan ini.  TTS sendiri merupakan proses pengerjaan yang menuntut seseorang untuk berpikir pada ketika mengerjakan dan mencari tanggapan supaya sempurna dan sesuai dengan kotak yang tersedia. Berikut yaitu asal sejarah TTS yang harus diketahui.

Asal Muasal Permainan TTS

TTS pertama kali muncul pada tanggal 21 Desember 1913 yang disusun oleh Arthur Win melalui surat kabar New York World. Bentuk dan ciri dari TTS tersebut sama halnya dengan yang kita kenal kini ini. Terdapat kotak hitam dan putih dengan kata-kata berbeda, dan saling bersilangan baik secara mendatar maupun menurun.  Hingga tahun 1924, buku TTS terbit untuk kali pertamanya dan belum begitu populer.

Namun seiring berjalannya waktu, TTS sangat digemari di seluruh wilayah Amerika, kemudian merambah ke Eropa dan seluruh dunia termasuk Indonesia. Kini permainan TTS semakin digemari dan mulai berkreasi dalam bentuk gambar maupun puzzle. Selain itu, TTS juga menjadi media pembelajaran siswa di sekolah.

Manfaat TTS bagi Pelajar 

Munculnya TTS rupanya bisa diarahkan sebagai nilai edukasi, yakni sanggup menstimulasi otak anak-anak. Jika teka-teki silang dikombinasikan dengan media berguru tentu tidak akan membosankan. Di satu sisi para siswa akan semakin ulet untuk berguru dan bersemangat dalam menjawab pertanyaan pada TTS, sehingga mereka bisa menguasai bahan dengan baik.  Secara garis besar manfaat teka teki silang bagi pelajar yaitu ...

Meningkatkan Antusias Belajar

Bagi pelajar yang malas dalam proses berguru di sekolah.  Mungkin alasannya yaitu sistem berguru yang kurang menarik. Cobalah menawarkan taktik pembelajaran memakai media TTS.  Siapa tahu anak didik Anda semakin antusias untuk mengerjakan tugas-tugas di sekolah. Anda sanggup menciptakan pertanyaan yang banyak dengan meliputi semua materi. Pastikan pertanyaan tersebut menawarkan rasa ingin tau kepada para siswa.

Itulah sekilas sejarah dan manfaat teka teki silang (TTS) bagi pelajar. Kaprikornus mulai kini berlatihlah untuk mengasah otak dengan mengisi TTS di waktu luang.

Kamis, 09 Februari 2017

Cara Membuka Perjuangan Bimbingan Berguru (Bimbel) Supaya Sukses

Cara membuka perjuangan bimbingan mencar ilmu atau bimbel biar sukses sekarang bisa Anda aplikasikan secara nyata. Apalagi membuka perjuangan bimbingan mencar ilmu yaitu sesuatu yang mulia alasannya yaitu masih bekerjasama dengan kegiatan pendidikan. Jika Anda mempunyai keahlian khusus dan modal yang cukup, maka tidak ada salahnya mulai merencanakan perjuangan bimbel tersebut. Bahkan bila memungkinkan bisa mengajak sobat atau saudara untuk joint venture.
Cara membuka perjuangan bimbingan mencar ilmu atau bimbel biar sukses sekarang bisa Anda aplikasikan se Cara Membuka Usaha Bimbingan Belajar (Bimbel) biar Sukses
Namun yang terpenting dalam memulai sebuah perjuangan atau bisnis yaitu niat dari dalam diri.  Tanpa ada niat maka tak ada kemauan untuk melangkahkan kaki dan pikiran dalam menjalankan usahanya. Paling tidak perjuangan bimbel memang membutuhkan perencanaan yang matang alasannya yaitu harus melibatkan banyak sekali pihak, menyerupai guru, siswa, petugas administrasi, dan lainnya.  Untuk lebih jelas, simak ulasan berikut.

Tips Praktis Memulai Usaha Bimbel yang Sukses

Perlu disadari bahwa membuka perjuangan tidak sebatas bagi mereka yang mempunyai uang banyak dan latar belakang pendidikan tinggi. Sama halnya ketika ingin membuka perjuangan bimbel, Anda bisa memulainya dari rumah atau menyewa ruko kecil-kecilan. Selain itu, perhatikan siapa guru yang akan mengajar di bimbel Anda. Di bawah ini yaitu cara membuka perjuangan bimbel biar sukses.

Memiliki Tekad yang Kuat 

Pada ketika Anda memulai perjuangan apapun itu niscaya akan ada banyak rintangan. Karena itulah, sebelum itu Anda harus bertekad berpengaruh dan tidak pantang mengalah dalam menjalankan bisnis bimbel. Namun guna meminimalkan risiko perjuangan yang akan terjadi, cobalah untuk menyusun taktik berbisnis. Misalnya menciptakan perencanaan awal, visi dan misi, tujuan usaha, promosi usaha, dan lain sebagainya. Selain tekad yang kuat, ada baiknya juga diimbangi dengan doa. Karena sejatinya kesuksesan sebuah perjuangan itu tidak lepas dari kuasaNya.

Menyusun Standar Kurikulum 

Jika Anda serius membuka perjuangan bimbel, maka harus segera menyusun kurikulum yang menurut atas standart kurikulum nasional. Anda tak perlu khawatir jikalau memang Anda bukan berasal dari latar belakang seorang pendidik. Pasalnya merancang proses pengajaran yang lebih sempurna dan menarik bisa menjadi solusinya. Cobalah sering membaca buku atau searching ihwal kurikulum di setiap sekolah sebagai materi referensi.

Mengorganisir Sistem Administrasi 

Anda harus berakal melaksanakan organisir yang baik dalam pengaplikasian sistem administrasi. Paling tidak Anda bisa memilah pembagian kiprah antara bab pembukuan, keuangan, dan pengajar secara tepat. Tidak lupa juga bab cleaning service yang harus dihandle dengan baik. Bukan hanya itu, Anda dibutuhkan selalu memperlihatkan penemuan terbaik dalam acara pembelajaran antara guru dengan siswa sehingga tidak merasa jenuh.

Menerapkan Teknik Pemasaran 

Cara membuka perjuangan bimbel biar sukes yaitu menerapkan teknik pemasaran dengan tepat. Terapkan teknik pemasaran secara efektif dan efesien biar bisa menarik perhatian orang lain. Mulailah memasarkan perjuangan bimbel dari verbal ke mulut, membuatkan brosur, dan menciptakan akun website maupun media umum biar semakin dikenal oleh banyak orang. Jika perlu gunakan metode iklan melalui siaran radio atau website e-commerce.

Perlu juga diketahui bahwa membuka perjuangan bimbingan mencar ilmu atau bimbel yaitu bisnis yang menjanjikan di masa depan, mengingat sasaran sasaran yang spesifik yakni kalangan pelajar.

Mungkin hanya itu saja yang dianggap point penting dalam memulai perjuangan bimbel. Semoga cara membuka perjuangan bimbingan mencar ilmu (bimbel) biar sukses di atas bermanfaat bagi kita semua.

Rabu, 08 Februari 2017

Download Soal Uas/ Pas Tema 3 Kelas 4 Sd Semester 1 K13 Revisi 2018

Berikut ini yaitu kumpulan file download Soal UAS/PAS Tema 3 Kelas 4 Semester 1 K13 Revisi 2018 yang terdiri dari soal PPkn, Bahasa Indonesia, IPS, IPA, PJOK, SBdP. Semoga kumpulan soal PTS/UTS Tema 3 Kurikulum 2013 kelas 4 semester 1 ini sanggup dijadikan rujukan untuk berguru khususnya adik-adik kelas 4 guna persiapan diri menghadapi Penilaian Akhir Semester 1.

Berikut ini yaitu kumpulan file download Soal UAS Download Soal UAS/ PAS Tema 3 Kelas 4 SD Semester 1 K13 Revisi 2018
Dengan adanya soal UAS/PAS Tema 3 per mata pelajaran ini, biar berguru tematik menjadi lebih mudah. Dengan demikian maka diperlukan penerima didik nantinya mempunyai perbendaharaan soal yang lebih komplit. Di samping itu, soal UAS/ PAS per mata pelajaran ini juga sanggup dipakai oleh Bapak/ Ibu guru sebagai rujukan untuk menciptakan soal-soal tematik guna persiapan menghadapi Penilaian Akhir Semester 1.

Soal UAS / PAS Tema 3 Kelas 4 Muatan Pelajaran PPKn


Berikut ini yaitu kutipan soalnya, terdiri dari 25 soal pilihan ganda, 20 soal isian, dan 20 soal uraian.

I. Berilah tanda silang (x) pada karakter a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar !
7. Melestarikan binatang merupakan tanggung jawab ....
a. pemerintah
b. semua masyarakat
c. guru
d. orang tua

20. Kewajiban kita terhadap tanaman yaitu ....
a. merusaknya
b. merawatnya
c. mengabaikannya
d. menelantarkannya

II. Isilah titik-titik berikut dengan tanggapan yang benar !
1I. Menebang hutan secara liar yaitu perbuatan yang .........................
12. Minyak bumi termasuk sumber daya alam yang .........................

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang terang dan benar!
1. Apakah yang disebut dengan hak?
Jawab : ...............................................................................................................
...............................................................

2. Jelaskan pengertian dari kewajiban!
Jawab : ...............................................................................................................
...............................................................

Selengkapnya Soal UAS/ PAS Tema 3 PPKn Kelas 4 Semester 1 K13 Revisi 2018

Download Soal UAS/ PAS Tema 3 PPKn Kelas 4 Semester 1 K13 Revisi 2018 plus Kunci Jawaban

Soal UAS / PAS Tema 3 Kelas 4 Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia


Berikut ini yaitu kutipan soalnya, terdiri dari 25 soal pilihan ganda, 20 soal isian, dan 15 soal uraian.

I. Berilah tanda silang (x) pada karakter a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar !
11. Laporan wawancara yang baik dibentuk menurut ....
a. khayalan
b. kenyataan
c. tujuan
d. keinginan

20. Laporan yang disusun sesudah melaksanakan wawancara disebut ....
a. laporan hasil observasi
b. laporan hasil investigasi
c. laporan pertanggungjawaban
d. laporan hasil wawancara

II. Isilah titik-titik berikut dengan tanggapan yang benar !
19. Salah satu syarat pertanyaan yang baik yaitu sesuai dengan .........................
20. Pertanyaan dalam wawancara diajukan oleh ..............................

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang terang dan benar!
2. Jelaskan mengenai 5W+1H !
Jawab : ...............................................................................................................
........................................................

3. Sebutkan langkah-langkah sebelum melaksanakan wawancara!
Jawab : ...............................................................................................................
........................................................

Selengkapnya Soal UAS/ PAS Tema 3 Bahasa Indonesia Kelas 4 Semester 1 K13 Revisi 2018

Download Soal UAS/ PAS Tema 3 Bahasa Indonesia Kelas 4 Semester 1 K13 Revisi 2018 plus Kunci Jawaban 

Soal UAS / PAS Tema 3 Kelas 4 Muatan Pelajaran IPS


Berikut ini yaitu kutipan soalnya, terdiri dari 25 soal pilihan ganda, 10 soal isian, dan 15 soal uraian.

I. Berilah tanda silang (x) pada karakter a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar !
15. Cumi-cumi yaitu makhluk hidup yang sanggup hidup di ....
a. laut
b. sungai
c. pasir
d. tambak

17. Mata pencaharian masyarakat Indonesia sebagian besar di bidang ....
a. perdagangan
b. perindustrian
c. perikanan
d. pertanian

II. Isilah titik-titik berikut dengan tanggapan yang benar !
19. Wilayah teluk sangat cocok dipakai untuk ........................................
20. Orang yang pekerjaannya menanam padi di sawah disebut ..........................

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang terang dan benar!
1. Apa tujuan acara ekonomi?
Jawab : .................................................................................................................
..................................................

2. Jelaskan perbedaan perikanan darat dengan perikanan maritim !
Jawab : .................................................................................................................
..................................................

Selengkapnya Soal UAS/ PAS Tema 3 IPS Kelas 4 Semester 1 K13 Revisi 2018

Download Soal UAS/ PAS Tema 3 IPS Kelas 4 Semester 1 K13 Revisi 2018 plus Kunci Jawaban 

Soal UAS / PAS Tema 3 Kelas 4 Muatan Pelajaran IPA


Berikut ini yaitu kutipan soalnya, terdiri dari 30 soal pilihan ganda, 20 soal isian, dan 20 soal uraian.

I. Berilah tanda silang (x) pada karakter a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar !


11. Sumber daya alam harus dimanfaatkan secara bijak supaya ....
a. tetap utuh
b. tidak berkurang
c. tidak punah
d. jumlahnya bertambah

20. Salah satu penyebab punahnya sebuah spesies binatang yaitu ....
a. pelestarian alam
b. perburuan binatang langka
c. reboisasi
d. kebijaksanaan daya hewan

II. Isilah titik-titik berikut dengan tanggapan yang benar !
19. Setiap kawasan mempunyai potensi sumber daya alam yang .................................
20. Batu bara merupakan sumber daya alam yang ....................................

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang terang dan benar!
18. Jelaskan perbedaan sumber daya alam hayati dan non hayati !
Jawab: ................................................................................................................
...............................................................

19. Bagaimana cara melestarikan hutan?
Jawab: ................................................................................................................
...............................................................

Selengkapnya Soal UAS/ PAS Tema 3 IPA Kelas 4 Semester 1 K13 Revisi 2018

Download Soal UAS/ PAS Tema 3 IPA Kelas 4 Semester 1 K13 Revisi 2018

Soal UAS / PAS Tema 3 Kelas 4 Muatan Pelajaran PJOK


Berikut ini yaitu kutipan soalnya, terdiri dari 30 soal pilihan ganda, 20 soal isian, dan 20 soal uraian.

I. Berilah tanda silang (x) pada karakter a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar !
1. Gerakan berpindah tempat disebut gerak ....
a. lokomotor
b. nonlokomotor
c. dasar
d. manipulatif

2. Melempar bola kasti ke arah sasaran termasuk gerak ....
a. lokomotor
b. nonlokomotor
c. manipulatif
d. berpindah tempat

II. Isilah titik-titik berikut dengan tanggapan yang benar !
15. Olahraga permainan merupakan olahraga yang dilakukan sambil ........................
16. Gerakan menangkap bola sebaiknya dilakukan dengan ..........................

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang terang dan benar!
1. Jelaskan pengertian gerak manipulatif!
Jawab : ............................................................................................................
.......................................................

2. Sebutkan tiga gerakan manipulatif!
Jawab : ............................................................................................................
.......................................................

Selengkapnya Soal UAS/ PAS Tema 3 PJOk Kelas 4 Semester 1 K13 Revisi 2018

Download Soal UAS/ PAS Tema 3 PJOk Kelas 4 Semester 1 K13 Revisi 2018 plus Kunci Jawaban

Soal UAS / PAS Tema 3 Kelas 4 Muatan Pelajaran SBdP


Berikut ini yaitu kutipan soalnya, terdiri dari 30 soal pilihan ganda, 20 soal isian, dan 15 soal uraian.

I. Berilah tanda silang (x) pada karakter a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar !
12. Berikut ini materi yang tidak sanggup dipakai untuk menciptakan montase yaitu ....
a. koran bekas
b. majalah bekas
c. bungkus makanan ringan
d. baju bekas

20. Kolase termasuk dalam karya seni ....
a. tiga dimensi
b. abstrak
c. dua dimensi
d. satu dimensi

II. Isilah titik-titik berikut dengan tanggapan yang benar !
1. Langkah pertama sebelum menciptakan kolase yaitu ....................
2. Membuat bagan gambar karya seni kolase memakai alat ................

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang terang dan benar!
19. Sebutkan bahan-bahan yang sanggup dipakai untuk menciptakan mozaik!
Jawab : ................................................................................................................
.....................................

20. Jelaskan pengertian apresiasi karya seni!
Jawab : ................................................................................................................
.....................................

Selengkapnya Soal UAS/ PAS Tema 3 SBdP Kelas 4 Semester 1 K13 Revisi 2018 

Download Soal UAS/ PAS Tema 3 SBdP Kelas 4 Semester 1 K13 Revisi 2018

Itulah kumpulan file Download Soal UAS/PAS Tema 3 Kelas 4 Semester 1 K13 Revisi 2018 per kompetensi dasar. Semoga bermanfaat.

Selasa, 07 Februari 2017

Download Soal Uas/ Pas Tema 4 Kelas 4 Sd Semester 1 K13 Revisi 2018

Berikut ini yakni kumpulan file download Soal UAS/PAS Tema 4 Kelas 4 SD Semester 1 K13 Revisi 2018 yang terdiri dari soal PPkn, Bahasa Indonesia, IPS, IPA, PJOK, SBdP. Semoga kumpulan soal PTS/UTS Tema 4 Kurikulum 2013 kelas 4 semester 1 ini sanggup dijadikan rujukan untuk berguru khususnya adik-adik kelas 4 guna persiapan diri menghadapi Penilaian Akhir Semester 1.

Berikut ini yakni kumpulan file download Soal UAS Download Soal UAS/ PAS Tema 4 Kelas 4 SD Semester 1 K13 Revisi 2018

Dengan adanya soal UAS/PAS Tema 4 per mata pelajaran ini, biar berguru tematik menjadi lebih mudah. Dengan demikian maka dibutuhkan penerima didik nantinya mempunyai perbendaharaan soal yang lebih komplit. Di samping itu, soal UAS/ PAS per mata pelajaran ini juga sanggup dipakai oleh Bapak/ Ibu guru sebagai rujukan untuk menciptakan soal-soal tematik guna persiapan menghadapi Penilaian Akhir Semester 1.

Soal UAS / PAS Tema 4 Kelas 4 Muatan Pelajaran PPKn


Berikut ini yakni kutipan soalnya, terdiri dari 25 soal pilihan ganda, 20 soal isian, dan 20 soal uraian.

I. Berilah tanda silang (x) pada aksara a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar !
14. Menanamkan rasa persatuan dalam keluarga misalnya
a. sering berkumpul bersama keluarga
b. mengobrol bahu-membahu teman
c. membersihkan ruang kelas
d. piknik sekolah

20. Berikut ini yang bukan merupakan makna dari sila ketiga Pancasila yakni ....
a. Negara Kesatuan Republik Indonesia
b. cinta hening dan persatuan
c. tidak mementingkan diri sendiri
d. percaya dan takwa kepada Tuhan

II. Isilah titik-titik berikut dengan tanggapan yang benar !
1. Jumlah sila pada Pancasila yakni ........................................................................
2. Bunyi sila pertama Pancasila yakni ......................................................................

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang terang dan benar!
1. Sebutkan makna dan nilai luhur yang sanggup kita ambil dari sila pertama Pancasila !
Jawab : ................................................................................................................
.......................................................................................

2. Jelaskan makna lambang bintang pada Pancasila sila pertama!
Jawab : ................................................................................................................
.......................................................................................

Selengkapnya Soal UAS/ PAS Tema 4 PPKn Kelas 4 Semester 1 K13 Revisi 2018

Download Soal UAS/ PAS K13 Kelas 4 Semester 1 Tema 4 Kompetensi Dasar PPKn plus Kunci Jawaban 

Soal UAS / PAS Tema 4 Kelas 4 Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia


Berikut ini yakni kutipan soalnya, terdiri dari 25 soal pilihan ganda, 20 soal isian, dan 15 soal uraian.

I. Berilah tanda silang (x) pada aksara a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar !
9. Tahap awal dari alur dongeng disebut tahap ....
a konflik
b. klimaks
c. perkenalan
d. penyelesaian

20. Berikut ini termasuk unsur intrinsik dalam sebuah dongeng yakni ....
a. intonasi
b. diksi
c. sudut pandang
d. sosial budaya

II. Isilah titik-titik berikut dengan tanggapan yang benar !
1. Tokoh antagonis yakni ......................
2. Pemberian sifat pada pelaku-pelaku yang teribat dalam sebuah dongeng disebut ................

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang terang dan benar!
1. Sebutkan jenis-jenis tokoh dalam sebuah cerita! Jelaskan !
Jawab : ................................................................................................................
............................................................

2. Jelaskan pengertian latar atau setting dalam sebuah dongeng !
Jawab : ................................................................................................................
............................................................

Selengkapnya Soal UAS/ PAS Tema 4 Bahasa Indonesia Kelas 4 Semester 1 K13 Revisi 2018

Download Soal UAS/ PAS K13 Kelas 4 Semester 1 Tema 4 KD Bahasa Indonesia plus Kunci Jawaban

Soal UAS / PAS Tema 4 Kelas 4 Muatan Pelajaran IPS


Berikut ini yakni kutipan soalnya, terdiri dari 25 soal pilihan ganda, 10 soal isian, dan 15 soal uraian.

I. Berilah tanda silang (x) pada aksara a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar !
11. Orang yang memberi resep dan membantu pasien supaya cepat sembuh disebut ....
a. perawat
b. dokter
c. pasien
d. bidan

12. Aktivitas ekonomi yang banyak dilakukan penduduk di pesisir pantai yakni ....
a. petani
b. buruh
c. nelayan
d. karyawan

II. Isilah titik-titik berikut dengan tanggapan yang benar !
1. Kegiatan yang dilakukan insan untuk sanggup memenuhi kebutuhan hidupnya secara ekonomi disebut ........................
2. Petani sayur, petani buah dan pemetik teh merupakan pola pekerjaan penduduk
yang ada di tempat ...........................

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang terang dan benar!
14. Sebutkan pola mata pencaharian penduduk di dataran rendah!
Jawab : ...........................................................................................................
.....................................................

15. Sebutkan flora yang biasa dibudidayakan perkebunan!
Jawab : ...........................................................................................................
.....................................................

Selengkapnya Soal UAS/ PAS Tema 4 IPS Kelas 4 Semester 1 K13 Revisi 2018

Download Soal UAS/ PAS K13 Kelas 4 Semester 1 Tema 4 Kompetensi Dasar IPS plus Kunci Jawaban 

Soal UAS / PAS Tema 4 Kelas 4 Muatan Pelajaran IPA


Berikut ini yakni kutipan soalnya, terdiri dari 30 soal pilihan ganda, 20 soal isian, dan 20 soal uraian.
I. Berilah tanda silang (x) pada aksara a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar !
16. Upaya untuk mencegah pengikisan sanggup dilakukan dengan ....
a. pembuangan sampah ke sungai
b. pembakaran hutan
c. penggundulan hutan
d. reboisasi dan terasering

17. Hal berikut bukan termasuk cara mencegah banjir yakni ....
a. tidak membuang sampah di sungai
b. pembuatan waduk di hulu sungai
c. mendirikan bangunan di bantaran sungai
d. menyediakan tempat yang cukup untuk perembesan air

II. Isilah titik-titik berikut dengan tanggapan yang benar !
19. Ombak yang terus-menerus menghantam daratan di pantai akan mengakibatkan .......
20. Membersihkan selokan air merupakan tindakan mencegah terjadinya ....................

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang terang dan benar!
7. Apa pengaruh penebangan pohon yang tidak terkendali?
Jawab : ...........................................................................................................
........................................................................

8. Sebutkan pola perjuangan yang dilakukan untuk pelestarian lingkungan!
Jawab : ...........................................................................................................
........................................................................

Selengkapnya Soal UAS/ PAS Tema 4 IPA Kelas 4 Semester 1 K13 Revisi 2018

Download Soal UAS/ PAS K13 Kelas 4 Semester 1 Tema 4 Kompetensi Dasar IPA plus Kunci Jawaban 

Soal UAS / PAS Tema 4 Kelas 4 Muatan Pelajaran PJOK


Berikut ini yakni kutipan soalnya, terdiri dari 30 soal pilihan ganda, 20 soal isian, dan 20 soal uraian.

I. Berilah tanda silang (x) pada aksara a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar !
8. Berikut yang bukan pukulan tangan terbuka yakni pukulan dengan ....
a. ujung jari
b. mengepal
c. samping telapak tangan
d. belakang telapak tangan

20. Berikut yang bukan cara melaksanakan perubahan langkah kaki pada pencak silat yakni ....
a. diangkat
b. geseran
c. lompatan
d. lemparan

II. Isilah titik-titik berikut dengan tanggapan yang benar !
1. Teknik serangan atau bertahan pada pencak silat yang dilakukan dengan memakai tangan yakni teknik .............................
2. Posisi asisten memukul tegak lurus dan mengepal dengan sasaran sempurna di pundak bab kanan lawan yakni teknik pukulan ...................................

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang terang dan benar!
19. Jelaskan empat jenis tendangan dalam pencak silat!
Jawab : ................................................................................................................
................................................................

20. Jelaskan cara melaksanakan tangkisan luar dalam pencak silat!
Jawab : ................................................................................................................
................................................................

Selengkapnya Soal UAS/ PAS Tema 4 PJOk Kelas 4 Semester 1 K13 Revisi 2018

Download Soal UAS/ PAS K13 Kelas 4 Semester 1 Tema 4 Kompetensi Dasar PJOK plus Kunci Jawaban 

Soal UAS / PAS Tema 4 Kelas 4 Muatan Pelajaran SBdP


Berikut ini yakni kutipan soalnya, terdiri dari 30 soal pilihan ganda, 20 soal isian, dan 15 soal uraian.
I. Berilah tanda silang (x) pada aksara a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar !
19. Ukuran yang tidak dimiliki karya seni rupa tiga dimensi yakni ....
a. lebar
b. panjang
c. diagonal
d. tinggi

20. Tata susunan yang mencakup kesatuan, irama, keseimbangan dan keselarasan dalam suatu karya seni rupa disebut ....
a. model
b. perspektif
c. proporsi
d. komposisi

II. Isilah titik-titik berikut dengan tanggapan yang benar !
17. Warna hijau yakni warna yang dihasilkan dari perpaduan warna .......................
18. Warna daun biasanya digambarkan dengan warna ...................................

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang terang dan benar!
10. Sebutkan tiga warna dasar dalam seni rupa!
Jawab : ................................................................................................................
..................................................

11. Sebutkan beberapa media yang dipakai dalam berkarya seni rupa 2 dimensi !
Jawab : ................................................................................................................
..................................................

Selengkapnya Soal UAS/ PAS Tema 4 SBdP Kelas 4 Semester 1 K13 Revisi 2018 

Download Soal UAS/ PAS K13 Kelas 4 Semester 1 Tema 4 Kompetensi Dasar SBdP plus Kunci Jawaban

Itulah kumpulan file Download Soal UAS/PAS Tema 4 Kelas 4 Semester 1 K13 Revisi 2018 per kompetensi dasar. Semoga bermanfaat.